Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Melahirkan Broadcaster Andal dari Televisi UAD

Edukasi | Thursday, 02 Nov 2023, 08:42 WIB
Workshop Calon Crew Televisi Universitas Ahmad Dahlan (TV UAD) Gen 27 (Dok. TV UAD)

Workshop sebagai program tahunan dalam rangkaian rekrutmen kru Televisi Universitas Ahmad Dahlan (TV UAD), tahun ini sukses digelar secara luring pada Minggu, 22 Oktober 2023 di Auditorium Kampus II Unit A UAD. Mengusung tema “Make a Chance for Yourself and Be Next Creative Broadcaster”, acara tersebut dihadiri oleh puluhan calon kru Gen 27.

Raden Muhammad Ali, S.S., M.Pd., selaku pembina TV UAD dalam sambutannya mengatakan bahwa TV UAD merupakan wadah yang tepat bagi para mahasiswa untuk dapat menyalurkan minat dan bakat di bidang penyiaran atau broadcasting.

Sementara itu, Asrul Saptono, S.T., M.M., Kepala Stasiun tvMu Biro Yogyakarta sekaligus mantan Direktur Utama TV UAD hadir langsung mengenalkan sejarah dan perjalanan TV UAD dari mulai berdiri hingga saat ini. Dalam pemaparannya, ia mengatakan bahwa dari TV UAD lahirlah satu TV pertama Muhammadiyah yang bersiaran secara analog di Jogja dan sekitarnya. Lebih tepatnya, resmi mengudara pada 2010 bertepatan dengan Muktamar 1 Abad Muhammadiyah. Hingga kemudian pada tahun 2013, berdiri Televisi Muhammadiyah dan tahun 2014 TV UAD menjadi kontributor pertama untuk mengirim program.

“Penandatanganan nota kesepahaman tvMu pusat dengan UAD dilaksanakan pada 26 Desember 2018 untuk membuat tvMu Yogyakarta. Seluruh kru tvMu adalah kru TV UAD,” jelasnya.

Hal tersebut menjadi bukti nyata bahwa TV UAD merupakan televisi kampus yang dapat mewadahi para mahasiswa, khususnya kru TV UAD untuk dapat menyalurkan minat dan bakatnya di bidang penyiaran.

Tak hanya pemaparan sejarah dan perkembangan TV UAD oleh Asrul, dalam sesi talkshow Rizkan Ismmail Mahmud, S.I.Kom. dan Dimas Loveian Dwi Nugroho yang merupakan Direktur Utama TV UAD periode 2018–2021 dan periode 2023–2024 turut berbagi pengalaman dan perjalanan kariernya di bidang penyiaran.

“Sebagai direktur, saya yakin bahwa dengan hadirnya teman-teman calon kru baru yang tentunya membawa inovasi, kreativitas, dan semangat baru, kita akan terus berbenah dalam hal membuat program dan memberikan informasi yang berkualitas,” papar Dimas.

Selain dikenalkan seluk-beluk TV UAD oleh para pemateri, terdapat pula simulasi produksi program acara dengan melibatkan langsung para calon kru Gen 27. Tak hanya menjadi wadah berbagi ilmu untuk anggota baru, acara ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi karena dihadiri oleh kru TV UAD Gen 23 hingga Gen 26. (eka)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image