Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Gen Z dan Pasar Modal Syariah

Edukasi | Saturday, 28 Oct 2023, 09:23 WIB
Seminar Nasional Pasar Modal Syariah di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Dok. Eka Marcella)

Kamis, 19 Oktober 2023, mahasiswa magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) FAC Sekuritas Yogyakarta Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bekerja sama dengan mahasiswa magang MBKM Indonesia Stock Exchange (IDX) Yogyakarta, menggelar seminar nasional tentang pasar modal syariah.

Selain menumbuhkan minat generasi Z untuk berinvestasi di pasar modal syariah, acara tersebut juga bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pasar modal syariah, pentingnya investasi sejak dini untuk generasi Z, hingga bahaya investasi ilegal yang sedang marak saat ini.

Ilham Mohammad Sidik selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa latar belakang digelarnya seminar tersebut dikarenakan kurang meratanya pemahaman masyarakat tentang pasar modal khususnya pasar modal syariah. Ia juga menjelaskan acara ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan informasi masyarakat seputar investasi.

“Maka kami dari tim magang MBKM FAC Sekuritas Yogyakarta dan MBKM Bursa Efek Indonesia Yogyakarta menginginkan adanya edukasi dan sosialisasi mengenai pasar modal syariah di kalangan umum, khususnya sivitas akademika di lingkungan mahasiswa Yogyakarta,” paparnya saat diwawancarai di lokasi kegiatan.

Mengusung tema “Mengelola Risiko Portofolio dan Inklusi Keuangan Berkelanjutan bagi Gen Z”, bincang ilmu tersebut bertempat di Kampus II Unit A UAD dan menghadirkan langsung Irfan Noor Riza selaku Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia-Yogyakarta dan Hery Gunawan Muhamad selaku Kepala Cabang FAC Sekuritas Indonesia-Yogyakarta.

Dalam pemaparannya, Irfan Noor Riza menyampaikan pengenalan dan pengetahuan tentang Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai sarana untuk memperkenalkan pasar modal pada dunia akademi. Kini, BEI telah melakukan terobosan untuk meningkatkan literasi pasar modal di kalangan investor dan masyarakat umum dengan meluncurkan aplikasi IDX Mobile.

“IDX Mobile merupakan salah satu upaya BEI dalam rangka memberikan kemudahan investor untuk mengakses dan memanfaatkan data pasar modal,” jelasnya. Tak hanya itu, ia pun menjelaskan secara gamblang terkait pasar modal Indonesia.

Di samping itu, Hery Gunawan Muhamad membedah mengenai perbedaan investasi konvensional dan investasi syariah serta macam-macam investasi syariah di pasar modal Indonesia. Ia menjelaskan bahwa investasi syariah dapat dilakukan dengan membeli saham syariah karena pada dasarnya saham syariah memiliki prinsip tidak mengandung riba dan tidak ada unsur gharar (keraguan, tipuan, atau tindakan untuk merugikan orang lain).

“Generasi Z tidak boleh melewatkan waktu untuk berinvestasi karena investasi dapat membantu mereka mencapai tujuan finansial di masa yang akan datang,” paparnya. Lebih jauh Kepala Cabang FAC Sekuritas itu juga berbagi ilmu mengenai bahaya investasi ilegal, cara berinvestasi yang cocok untuk gen Z, hingga cara meminimalisir risiko investasi.

Setelah seminar rampung, ketua pelaksana berharap wawasan para peserta khususnya generasi Z mengenai investasi di pasar modal syariah dapat meningkat sehingga dapat terhindar dari investasi ilegal atau investasi bodong yang sedang marak.

Terakhir, tak lupa ia menyampaikan terima kasih kepada para sponsor yakni PT Indo Boga Sukses Tbk., PT Mitra Tirta Buwana Tbk., Ayam Goreng dan Jeroan Ati Sapi Tojoyo, serta Waroeng Spesial Sambal yang telah mendukung suksesnya acara. (eka)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image