Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M. Addif Rayza N.

Berkembangnya Digitalisasi di Sektor Keuangan

Edukasi | Thursday, 12 Oct 2023, 18:07 WIB

Transformasi digital adalah suatu fenomena tak terhindarkan yang menjadi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Saat ini, berbagai penggunaan teknologi telah berubah dari proses manual menjadi digital di segala aspek kehidupan kita, terutama dalam penggunaan layanan seperti jual beli, pemesanan transportasi dan akomodasi, serta aktivitas perbankan dan jasa keuangan. Semuanya mulai beralih dan membutuhkan layanan yang lebih cepat melalui platform digital.

Dalam era digital yang terus berkembang pesat seperti sekarang, transformasi dalam jasa layanan keuangan telah menjadi topik utama dalam dunia keuangan dan ekonomi. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah berdampak signifikan terhadap cara kita memahami, mengakses, dan memanfaatkan layanan keuangan. Hal ini telah mengubah lingkup tradisional sektor keuangan, membawa peluang besar tetapi juga menuntut adaptasi cepat dari semua pihak yang terlibat.

Perubahan ini membuat kemunculan-kemunculan dari FinTech (Financial Technology) semakin masif. Menurut Bank Indonesia, Financial technology/FinTech merupakan hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat, yang awalnya dalam membayar harus bertatap-muka dan membawa sejumlah uang kas, kini dapat melakukan transaksi jarak jauh dengan melakukan pembayaran yang dapat dilakukan dalam hitungan detik saja.

Adanya layanan keuangan digital ini tentu sangat membantu masyarakat dalam keuangannya, bersumber dari OJK transaksi keuangan digital tahun 2017-2020 di Indonesia tumbuh mencapai Rp786,35 T yang mana pada tahun sebelumnya hanya Rp504,96 T. Ini berarti dalam kurun waktu kurang lebih 3 tahun meningkat sebesar 55,73%. Jika melihat dari data itu, artinya peranan keuangan digital sangat tinggi bagi masyarakat. Layanan keuangan itu meliputi pinjaman online, penggalangan dana, digital payment, dll

Di samping itu meningkatnya layanan keuangan digital saat ini juga pasti meningkatkan kewaspadaan terkait risiko keamanan data. Kebocoran, penipuan, phising, dll merupakan hal yang harus diwaspadai dan diantisipasi. Pentingnya memahami dan memilih untuk menggunakan layanan yang memang terpercaya dan dilindungi oleh lembaga negara. Karena transformasi jasa layanan keuangan digital ini sedang marak-maraknya dengan tren yang naik, tentu ini akan menyebabkan banyak masyarakat yang menggunakan jasa keuangan digital tanpa memikirkan besar kecilnya risiko. Masyarakat diharap bijak untuk menggunakan jasa keuangan digital untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image