Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sandrina Indah Paraswati

Promosi Kesehatan untuk Mengatasi Leptospirosis Demi Mewujudkan SDGs

Eduaksi | Wednesday, 04 Oct 2023, 23:31 WIB
Ilustrasi Leptospirosis dan SDGs

Apa itu leptospirosis? Leptospirosis adalah salah satu penyakit endemik di Indonesia yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans yang ditularkan melalui tanah dan air yang terkontaminasi urin atau darah hewan yang terinfeksi. Penyakit ini banyak ditemukan di wilayah tropis dan sub tropis pada musim penghujan terutama daerah rawan banjir, dan wilayah dengan sanitasi yang kurang terjaga/ kumuh.

Bagaimana promosi kesehatan dapat menjadi alat yang efektif dalam mengatasi leptospirosis sekaligus berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)?

1. Leptospirosis dan Dampaknya pada Kesehatan Masyarakat

Leptospirosis adalah penyakit yang dapat memengaruhi kesehatan manusia dengan gejala yang mirip dengan gejala penyakit flu/ demam berdarah tetapi lebih berat serta disertai dengan bengkak di kaki dan tangan, kulit menjadi kuning, serta mata merah. Jika tidak diobati dengan benar akan berpotensi menyebabkan kerusakan organ dalam bahkan kematian.

2. Hubungan Promosi Kesehatan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

SDG 3: Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan

Upaya untuk mencegah dan mengatasi leptospirosis secara efektif adalah kunci untuk mencapai target-target SDG 3, terutama dalam hal mengurangi angka kematian akibat penyakit menular (SDG 3.3) dan mengurangi dampak penyakit lainnya pada kesejahteraan masyarakat.

SDG 6: Air Bersih dan Sanitasi

Leptospirosis terkait dengan akses air bersih yang aman dan sanitasi yang baik. Meningkatkan akses terhadap air bersih dan sanitasi yang layak adalah langkah penting dalam pencegahan penyakit ini.

SDG 11: Kota dan Permukiman

Leptospirosis lebih sering terjadi di lingkungan padat penduduk. Pencapaian SDG 11 yang berfokus pada pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dan inklusif dapat mengurangi risiko penyebaran penyakit ini.

SDG 13: Tindakan Iklim

Perubahan iklim dapat memengaruhi pola dan intensitas leptospirosis. Upaya untuk mengatasi perubahan iklim juga memiliki dampak positif pada penanggulangan penyakit ini.

3. Pentingnya Promosi Kesehatan dalam Pencegahan Leptospirosis, antara lain:

1) Peningkatan Kesadaran

Promosi kesehatan dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang risiko leptospirosis dan cara-cara pencegahannya, termasuk praktik-praktik higienis dan perlindungan saat berinteraksi dengan hewan yang berpotensi terinfeksi.

2) Promosi Lingkungan Sehat

Promosi kesehatan juga melibatkan upaya untuk meningkatkan sanitasi, kebersihan, dan akses terhadap air bersih, yang semuanya dapat mengurangi risiko penyebaran penyakit ini.

3) Kerja Sama Lintas Sektor

Promosi kesehatan untuk pencegahan leptospirosis memerlukan kerja sama antara sektor kesehatan, lingkungan, dan pertanian. Kolaborasi ini penting untuk memahami dan mengurangi faktor risiko penyakit ini.

4. Studi Kasus dan Contoh Praktik Terbaik

Penyajian contoh program promosi kesehatan yang telah berhasil dalam pencegahan leptospirosis di berbagai wilayah, serta pengalaman negara-negara yang telah mengintegrasikan upaya ini dalam agenda SDGs.

Dengan demikian, promosi kesehatan merupakan alat yang kuat dalam pencegahan leptospirosis dan pencapaian SDGs. Dengan meningkatkan kesadaran, sanitasi, dan kerja sama lintas sektor, mari bersama kita melangkah menuju dunia yang lebih sehat dan berkelanjutan, yang sejalan dengan visi SDGs untuk masa depan yang lebih baik bagi semua orang.

Penulis : Sandrina Indah Paraswati

Mahasiswa S-1 Keperawatan Universitas Airlangga

REFERENSI

Intansari, Fety Fatima, et al. "SCOPING REVIEW: IDENTIFIKASI JENIS INTERVENSI GABUNGAN DALAM UPAYA PENANGGULANGAN LEPTOSPIROSIS DI WILAYAH JAWA TENGAH BAGIAN SELATAN." Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip) 10.2 (2022): 223-225.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. "Leptospirosis." Situs Resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada [04 Oktober 2023]. URL: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1952/leptospirosis

Alodokter.com. "Leptospirosis." Alodokter. Diakses pada [04 Oktober 2023]. URL: https://www.alodokter.com/leptospirosis

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image