Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ananda Putri Pratiwi

Tingkatkan Produktivitas dan Suasana Hati dengan Olahraga Pagi

Edukasi | Wednesday, 27 Sep 2023, 00:22 WIB
Olahraga pagi yang rutin dilakukan dapat meningkatkan produktivitas dan suasana hati

Olahraga pagi adalah kegiatan fisik atau latihan yang dilakukan di pagi hari, biasanya setelah bangun tidur dan sebelum memulai aktivitas harian lainnya. Aktivitas ini dapat mencakup berbagai jenis latihan, mulai dari olahraga ringan hingga latihan intensif, tergantung pada preferensi dan tingkat kebugaran individu. Olahraga pagi dapat meningkatkan produktivitas dan suasana hati karena beberapa alasan, diantaranya :

1. Hormon-hormon yang dilepaskan oleh otak selama berolahraga, seperti dopamin, serotonin, dan endorfin dapat meningkatkan suasana hati.

2. Dapat memberikan energi dan semangat yang lebih baik dalam bekerja.

3. Membantu meningkatkan fokus da kewaspadaan.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membakar kalori lebih banyak.

5. Membantu mengontrol nafsu makan sehingga dapat membantu dalam penurunan berat badan

6. Meningkatkan fungsi kekuatan otot dan enzim pada tubuh.

Memulai kebiasaan olahraga pagi bisa menjadi langkah positif untuk meningkatkan kesehatan dan produktivitas. Namun, banyak dari kita yang sulit untuk memulai kebiasaan ini karena adanya sejumlah hambatan. Mulai dari hambatan psikologis, fisik, dan lingkungan yang dapat menghalangi seseorang untuk memulainya. Berikut adalah beberapa cara memulai olahraga pagi untuk meningkatkan produktivitas dan suasana hati :

1. Tentukan waktu yang tepat: Pilih waktu yang tepat untuk berolahraga pagi, sesuai dengan ketersediaan waktu.

2. Mulailah dengan gerakan ringan: Jika baru memulai olahraga pagi, mulailah dengan gerakan ringan seperti peregangan atau jalan cepat.

3. Lakukan olahraga yang disukai: Pilih olahraga yang disukai agar lebih termotivasi untuk melakukannya.

4. Ajak teman atau keluarga: Ajak teman atau keluarga untuk berolahraga pagi bersama agar lebih termotivasi dan terpacu untuk melakukannya.

5. Persiapkan diri dengan baik: Persiapkan diri dengan baik sebelum berolahraga pagi, seperti memilih pakaian yang nyaman dan mempersiapkan peralatan olahraga yang dibutuhkan.

6. Tetap konsisten: Lakukan olahraga pagi secara konsisten agar dapat merasakan manfaatnya secara optimal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image