Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa Berprestasi dengan Pembinaan Berkelanjutan

Edukasi | Wednesday, 20 Sep 2023, 08:16 WIB
Talkshow Orientasi Kemahasiswaan pada rangkaian P2K Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Tahun 2023 (Dok. Eka Marcella)

Sebelum Program Pengenalan Kampus (P2K) dibuka pada Senin, 12 September 2023, terdapat berbagai rangkaian acara Pra P2K, salah satunya Orientasi Kemahasiswaan. Danang Sukantar, M.Pd., Kepala Bidang Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang diwakili oleh Rundra Jumiyanto selaku Kepala Urusan Pembinaan Kemahasiswaan, dalam Talkshow Orientasi Kemahasiswaan memaparkan program Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa.

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa UAD melalui Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) telah menyiapkan wadah yang luas bagi mahasiswa untuk aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan (ormawa) maupun dalam kegiatan-kegiatan prestatif. Terdapat 122 organisasi kemahasiswaan di UAD yang dapat diikuti oleh mahasiswa mulai dari semester pertama hingga semester akhir.

Menariknya lagi, baik kegiatan ormawa maupun kegiatan prestatif, keduanya akan diberikan pembinaan oleh UAD melalui Bimawa. Rundra menjelaskan, pembinaan ormawa dilakukan dengan menyiapkan pelatih, pembimbing, pembina, juga dukungan sarana dan prasarana yang nanti akan bermanfaat bagi mahasiswa setelah lulus dari UAD.

“Pembinaan ormawa juga meliputi Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) pradasar, dasar, menengah, lanjut, juga Up Grading oleh Ormawa, Pelatihan Administrasi seperti persyaratan, proposal, Lembar Pertanggungjawaban (LPJ), hingga kearsipan serta Penggunaan Simkatmuda untuk proposal, LPJ, dan tali asih,” jelasnya.

Begitu juga untuk kegiatan prestasi mahasiswa di bidang kreativitas, penalaran, minat dan bakat, maupun bidang kegemaran. UAD memberikan pelatihan, pembinaan, serta dukungan pembiayaan bagi mahasiswa yang mengikuti kompetisi baik di tingkat wilayah, nasional, bahkan tingkat internasional.

UAD berkomitmen untuk menciptakan lulusan yang unggul baik dalam hard skills maupun soft skills serta dapat bersaing di dunia global. Bukan hanya di tingkat nasional, tetapi juga internasional. (eka)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image