Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

UAD dan IIU Malaysia Resmi Jalin Kerja Sama

Edukasi | Monday, 14 Aug 2023, 11:11 WIB

 

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan IIU Malaysia jalin kerja sama bidang kebahasaan (Dok. Istimewa)

Dosen dan mahasiswa dari tiga fakultas dan lima program studi (Prodi) di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melaksanakan program mobilitas akademik dan pengabdian masyarakat yang berlangsung selama tiga hari, pada Selasa-Rabu, 24-26 Juli 2023 dengan Islamic International University Malaysia (IIUM). Kerja sama ini merupakan implementasi nota kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani pada Juni 2023.

Lima Prodi yang terlibat yakni Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Sastra Indonesia (Sasindo) dan Sastra Inggris (Sasing) dari Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK), serta Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dari Fakultas Agama Islam (FAI) serta diikuti oleh 28 mahasiswa dan 6 dosen dari IIUM.

Kepala Prodi PBI, Sucipto, Ph.D., bersama Nur Rifai Akhsan S.Pd., M.Ed., selaku Ketua Pusat Studi Ekonomi Kreatif dan Pariwisata UAD serta mahasiswa, menyambut kedatangan tujuh mahasiswa dan satu dosen IIUM. Dalam kesempatan ini, Rifai menjelaskan secara singkat tentang program Practicum on Tourism di UAD yang dilanjutkan dengan penjelasan dari tim Bidang Kerja Sama Luar Negeri terkait program pertukaran mahasiswa yang telah dilaksanakan UAD. Kemudian, kedua institusi mendiskusikan program kerja sama yang akan dilakukan oleh kedua pihak baik pertukaran mahasiswa, dosen, summer course, penelitian bersama, dan kolaborasi lainnya.

Pada hari kedua, program ini berisi kegiatan presentasi dan diskusi oleh mahasiswa dari UAD dan IIUM, yang dinilai oleh dosen dari kedua universitas. Presentasi dibagi menjadi tiga tim, yaitu Tim Bahasa Inggris, Tim Bahasa Arab, dan Tim bahasa Melayu dan bahasa Indonesia. Di hari yang sama, diadakan lokakarya tentang Intercultural Story, Circles, and Methodology yang disampaikan oleh dosen IIUM secara luring dan daring.

Kegiatan dilanjut dengan pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa Muhammadiyah Prambanan. Di sini, mahasiswa IIUM mengenalkan budaya Malaysia kepada anak-anak panti asuhan dan bermain permainan tradisional Malaysia.

Lebih lanjut, pihak UAD dan IIUM melakukan penampilan seni dan budaya berupa tarian, puisi, dan menyanyikan lagu dari negara masing-masing dengan empat bahasa (Arab, Melayu, Indonesia, dan Inggris). Hadir secara langsung Wakil Rektor Bidang Akademik UAD, Dr. Rusydi Umar.

Pada hari terakhir, Rifai menemani buddies KLN dan mahasiswa Practicum on Tourism serta seluruh delegasi mengunjungi pusat budaya yang ada di daerah Kota Yogyakarta seperti Keraton, Alun-alun, Tamansari dan Malioboro. (Doc)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image