Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Ternyata Inilah 6 Kesalahan yang Bikin Baterai Ponsel dan Laptop Gampang Drop

Teknologi | Tuesday, 08 Aug 2023, 09:42 WIB
Menggunakan Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS sekalgus mempercepat baterai menjadi drop (Money Talks News/SSDarindo)

Baterai telepon seluler (ponsel) dan gawai jinjing (laptop) sering sering drop? Bisa jadi pengguna, mengabaikan hal- hal yang dianggep sepele. Atau bisa jadi malah melakukan kesalahan “biasa” namun berakibat fatal.

Menurut laman Money Talks News, inilah 6 kesalahan pengguna yang membuat baterai ponsel dan laptop menjadi cepat habis atau drop.

1. Membawa ponsel Anda dalam suhu ekstrem

Ternyata baterai tidak suka berjalan dengan susah payah melewati salju, melewati cuaca dingin atau berkeringat di hari musim panas yang terik, sama seperti kita. Dingin yang intens untuk sementara dapat mempersingkat masa pakai baterai sementara panas ekstrem - di atas 95 derajat Fahrenheit - dapat mempersingkatnya secara permanen, menurut Apple.

Tidak mengeluarkan ponsel Anda dalam cuaca ekstrem adalah perlindungan yang ideal, tetapi itu belum tentu praktis. (Ingat juga perangkat yang tertinggal di dalam mobil dapat cepat panas.) Alih-alih, cobalah meminimalkan penggunaan dan terutama mengisi daya perangkat Anda dalam kondisi yang tidak terkendali ini.

2. Membiarkan baterai habis daya

Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang hanya mengisi bahan bakar di pom bensin ketika pengukur bahan bakar melewati tanda “E”? Hentikan itu — terutama jika Anda melakukan hal yang sama dengan telepon Anda.

Membiarkan baterai Anda benar-benar habis dapat mengurangi masa pakainya. Cobalah untuk selalu menyimpannya di atas biaya 20%. Jika tidak, Anda mungkin akan segera menemukan 20% baterai Anda terkuras hanya dalam satu jam, bukan dua jam atau lebih.

3. Membiarkannya terpasang dalam waktu lama

Menjaga baterai terisi penuh untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kapasitasnya.

"Cobalah untuk menjaga tingkat baterai antara 20% dan 80% beberapa kali seminggu daripada menggunakan perangkat Anda hanya dalam waktu singkat, dan kemudian mencolokkannya untuk mengisi ulang baterai," kata perusahaan itu.

4. Tidak pernah mengisi daya

Sisi sebaliknya lupa menyambungkan perangkat Anda sama sekali. kata apel:

“Jika Anda menyimpan perangkat saat baterainya benar-benar habis, baterai bisa jatuh ke kondisi pengosongan yang dalam, yang membuatnya tidak mampu mengisi daya.”

Jika Anda hanya menggunakan laptop untuk perjalanan yang jarang, luangkan waktu untuk mencolokkannya sesekali. Ini menyakitkan, tetapi Anda akan senang melakukannya.

5. Menjalankan Wi-Fi, Bluetooth dan GPS

Wi-Fi lebih hemat energi daripada menggunakan paket data ponsel Anda dengan penerimaan yang buruk tetapi sia-sia saat Anda tidak menggunakan internet sama sekali. Jika Anda tidak aktif menggunakan koneksi, matikan.

Ini mungkin penghemat baterai yang lebih berharga untuk koneksi internet daripada tugas-tugas seperti memasangkan dengan headphone nirkabel. Setidaknya dalam beberapa teknologi, Bluetooth sekitar 30% lebih hemat energi daripada Wi-Fi, menurut penelitian yang diterbitkan oleh IEEE, organisasi profesional utama untuk insinyur dan ilmuwan teknis.

6. Menggunakan pengisi daya tiruan termurah yang bisa Anda beli

Pengisi daya pihak ketiga mungkin lebih murah, tetapi dalam jangka panjang Anda mungkin menukar beberapa dolar untuk mengurangi masa pakai baterai. Pengisi daya di luar merek tidak harus dirancang dengan standar yang sama dengan real deal, dan dapat menyebabkan kerusakan permanen jika mengirimkan terlalu banyak arus ke baterai. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image