Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ahmad Fadhly

Peran Penting DPR Menciptakan Kesejahteraan Rakyat

Politik | Monday, 24 Jul 2023, 15:47 WIB

Sering masyarakat pemilih terkecoh dengan tugas pokok dan fungsi anggota dewan yang dipilih secara langsung 5 tahun sekali.Masyarakat pemilih hanya tahu tugas dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mulai dari pusat sampai kejenjang daerah hanya penyambung aspirasi masyarakat.Bahkan kerap kali, setelah memperoleh jabatan sebagai wakil rakyat oknum-oknum anggota dewan saat ditagih atau diingatkan sesuatu kebijakan misalnya, kondisi infrastuktur yang kurang layak digunakan warga sebagai sarana transportasi.

Oknum-oknum anggota dewan sering berkelit dengan mengatakan, "itu gawean ekskutif atau pemerintah, karena merekalah yang punya dana, sedangkan kami hanya mengetahui dan menyetujui saja". Disini penulis dengan singkat menulis dan memberikannya sedikit pemahan terkait sejauh mana peran Anggota Dewan Perwakilan Rakyat berkontribusi terhadap kesejahteraan rakyat.

Apalagi tahun depan 2024 kita akan milih wakil kita yang akan kita amanahkan membawa aspirasi dan memperjuangkan kepentingan yang berpihak kepada masyarakat pemilih.Diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) adalah lembaga legislatif yang berperan dalam pembuatan kebijakan negara. Tujuan utama DPR adalah mewakili suara rakyat dan menyuarakan kepentingan masyarakat.DPR memainkan peran penting dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai mekanisme.

DPR bertanggung jawab untuk merumuskan undang-undang yang bertujuan untuk melindungi hak-hak dan kepentingan masyarakat disemua aspek bernegara dan berbangsa.Dengan adanya undang-undang atau peraturan yang baik masyarakat dapat merasa aman dan dilindungi, sehingga hal itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Selain itu, DPR juga memiliki peran dalam mengawasi pelaksanaan kebijakan pemerintah.

Mereka dapat melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran negara, kebijakan pembangunan, dan program-program pemerintah lainnya.Dengan melakukan pengawasan yang efektif, DPR dapat memastikan bahwa dana publik digunakan dengan efisien dan tepat sasaran, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung.Selanjutnya, DPR juga berperan dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. Mereka dapat mengadakan dengar pendapat umum, mendengarkan aspirasi masyarakat, dan memperjuangkan kepentingan rakyat.Dengan melibatkan masyarakat dalam proses legislatif, seperti penulis sebutdiatas, DPR dapat memastikan bahwa kebijakan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat, sehingga meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Nah, penjelasan singkat diatas terkait tugas dan fungsi anggota DPR di atas bila dilaksanakan dengan amanah dan ikhlas menunjukkan bahwa DPR dapat berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.Semoga di tahun 2024 nanti, kita sebagai pemilih tidak lagi terjebak pada oknum-oknum wakil rakyat yang saat kampanye berkobar-kobar akan menyuarakan aspirasi masyarakat. Tapi, saat terpilih oknum-oknum tersebut tak tahu apa yang dilakukan untuk ikut berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image