Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Alasan Freelance Jadi Pilihan Mahasiswa

Edukasi | Thursday, 29 Jun 2023, 19:21 WIB
Gambar Ilustrasi (Sumber Istimewa)

Di era yang terus berkembang dan dinamis seperti sekarang ini, paradigma kerja juga mengalami perubahan yang signifikan. Perkembangan teknologi digital juga telah membuka peluang untuk mengembangkan keterampilan dan menghasilkan uang secara mandiri, terutama bagi mahasiswa. Salah satunya pilihan bagi mahasiswa yang ingin mendalami dunia kerja sebelum lulus dan menghasilkan uang tambahan secara mandiri yaitu freelance.

Freelance atau bekerja paruh waktu adalah tenaga kerja lepas atau pekerjaan tanpa hubungan kontrak jangka panjang. Dengan begitu, kita tidak akan lagi terikat pada pekerjaan yang kaku atau kesibukan akademik saja, tetapi bisa lebih mengeksplorasi dan mengendalikan karier dengan mengambil jalur yang lebih independen. Dalam konteks pekerjaan, freelance telah mengubah paradigma pekerjaan membuka peluang bagi mahasiswa yang ingin menjalani kehidupan lebih mandiri.

Fleksibilitas

Selama kuliah, mahasiswa tentu memiliki jadwal yang cukup padat, mengerjakan tugas atau sibuk dengan kegiatan ekstrakurikuler. Bagi Freelancer, mereka memiliki kendali penuh atas jam kerja. Mereka dapat menyesuaikan jadwal kerja dengan kebutuhan yang memungkinkan mahasiswa untuk menyeimbangkan belajar dan bekerja serta mengatur waktu lebih efektif. Fleksibilitas ini, memungkinkan untuk mengatasi tantangan jadwal yang rumit dan tetap mengutamakan tugas-tugas akademik.

Peluang untuk Mengembangkan Keterampilan

Bekerja freelance menawarkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dari bidang pekerjaan yang diambil. Hal ini memungkinkan untuk meningkatkan keterampilan praktis seperti menulis, desain grafis, pemasaran digital, atau pengembangan web. Pengalaman praktis yang diperoleh dari proyek-proy ek ini memungkinkan mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan, memperluas pengetahuan dan membangun portofolio yang lebih baik untuk menunjang karier di masa depan.

Kemandirian dan Pengalaman Berharga

Sebagai Freelancer, mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar secara mandiri dan mendapatkan pengalaman berharga. Mahasiswa berinteraksi langsung dengan klien, belajar berkomunikasi secara efektif, manajemen waktu, dan menghadapi potensi tantangan. Semua ini membantu mereka tumbuh dan berkembang menjadi kepribadian yang lebih kuat dan percaya diri. Pengalaman ini tidak hanya memperkaya portofolio, tetapi juga memberi pemahaman yang lebih tentang industri dan lingkungan kerja.

Penghasilan dan Peluang Karier

Bekerja paruh waktu dapat membantu siswa mengatasi beban keuangan dengan mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan begitu, mahasiswa bisa mengelola keuangan dengan baik serta belajar bertanggung jawab atas pendapatan mereka. Tidak hanya itu, sebagai freelancer, mahasiswa memiliki kesempatan tak terbatas untuk membangun karier mereka dengan memperluas jaringan kontak dengan klien, kolega, dan profesional lain di bidangnya masing-masing.

uad.ac.id

Iftitah Ulfiana Maghribi

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

FKIP Universitas Ahmad Dahlan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image