Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image PKRS RSKO Jakarta

RSKO Jakarta Peringati Hari Anti Narkotika Internasional di Pondok Rangon

Edukasi | Monday, 26 Jun 2023, 10:36 WIB
Kegiatan HANI 2023 yang diselenggarakan oleh RSKO jakarta & YSKN I Sumber Foto : RSKO Jakarta

Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) diperingati setiap tahun oleh RSKO Jakarta, guna mengingatkan dan juga menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

Pada tahun 2023, United Nations Office and Drugs and Crime (UNODC) mengeluarkan tema HANI "People first: stop stigma and discrimination, strengthen prevention".

Tema ini diambil karena masalah penyalahgunaan narkoba di dunia adalah masalah kompleks yang berdampak pada jutaan orang di seluruh dunia. Masih ditemukan pengguna NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya) yang telah menjalankan program layanan medis dan rehabilitasi yang disebut recovery addict menghadapi stigma dan diskriminasi.

Tentunya apa yang terjadi dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental mereka, serta dapat membuat mereka enggan mengakses layanan kesehatan yang mereka butuhkan.

Peringatan HANI 2023 oleh RSKO Jakarta berkerjasama dengan YSKN dan melibatkan masyarakat I Sumber Foto : RSKO Jakarta

Dilansir dari unodc.org, Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Narkoba dan Kejahatan / UNODC mengakui pentingnya mengambil pendekatan yang berpusat pada masyarakat terhadap kebijakan narkoba, dengan fokus pada hak asasi manusia, kasih sayang, dan praktik berbasis bukti.

Perayaan HANI dimaksudkan sebagai bagian dari menentang penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. HANI yang diperingati pada tanggal 26 Juni setiap tahunnya untuk memperkuat aksi dan kerjasama dalam mencapai dunia yang bebas dari penyalahgunaan NAPZA.

Tujuan dari kampanye tahunan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran, tentang pentingnya memperlakukan recovery addict dengan hormat dan empati, menyediakan layanan sukarela berbasis bukti untuk semua, menawarkan alternatif hukuman, mengutamakan pencegahan, dan sebagai leading sector merangkul para pecandu untuk menjalankan pemulihan.

Kampanye ini juga bertujuan untuk memerangi stigma dan diskriminasi terhadap recovery addict dengan mempromosikan bahasa dan sikap yang penuh hormat dan tidak menghakimi.

Peingatan HANI untuk menarik masyarakat dengan menghadirkan pentas seni I Sumber Foto : RSKO Jakarta

Untuk itu Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta menyelenggarakan perayaan HANI 2023 dengan melaksanakan promosi / penyuluhan kesehatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang jatuh pada tanggal 26 Juni 2023.

Tahun 2023, RSKO Jakarta bekerjasama dengan Yayasan Sinergi Kesehatan Negeri (YSKN) dan Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) Jakarta Timur mengadakan peringatan HANI pada hari Minggu, 25 Juni 2023.

Lokasi bertempat di Ruang Limpah Sungai Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur dari pukul 07.00 WIB. Acara ini juga didukung oleh Persatuan Olahraga Senam Indonesia ( PORSI ) Kecamatan Cipayung.

Penyuluhan bahaya narkoba kepada masyarakat di Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur I Sumber Foto : RSKO Jakarta

Rangkaian acara HANI 2023 dimulai dari Senam Kesehatan oleh PORSI, Penampilan menyanyi dari Alena (TK Permata Hati), Tarian dari sanggar tari Karang Taruna RW 2 Kalisari, Tarian dari Karang Taruna RT 004/01 Pondok Rangon, Penyuluhan Bahaya Narkoba oleh RSKO Jakarta, Sosialisasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) oleh RSKO Jakarta, Edukasi-deteksi dini-konsultasi postur tubuh dari Ikatan Fisioterapis Indonesia (IFI) Jaktim.

Acara kemudian dilanjutkan dengan praktek Bantuan Hidup Dasar (BHD) oleh tim IGD BHD RSKO Jakarta. BHD saat ini sangat penting diketahui oleh warga, karena sekarang-sekarang ini lifestyle dengan pola makan yang serba instan dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung.

Sosialisasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) RSKO Jakarta kepada masyarakat yang berada di Ruang Limpah Sungai Cipayung I Sumber Foto : RSKO jakarta

BHD adalah serangkaian langkah yang dapat dilakukan untuk dapat mengembalikan fungsi pernafasan pada orang yang sedang mengalami henti jantung, atau serangan jantung, sambil menunggu pertolongan pihak medis datang.

Kegiatan menyambut HANI 2023 ini dihadiri oleh Bapak Toto Suharto selaku Dewan Kota Jakarta Timur, Budiman ST selaku Ketua Yayasan Sinergi Kesehatan Negeri (YSKN), Ibu Ety Surenti, S.Pd selaku Ketua Porsi Kecamatan Cipayung, Bapak Hendra selaku Ketua Ikatan Fisioterapis Indonesia Jakarta Timur dan drg.Imelda Kusumaningrum selaku narasumber dan tim HANI 2023 yang mewakili dari Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta.

Masyarakat yang hadir di Ruang Limpah Sungai Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur diperkirakan lebih dari seribu orang. Banyak warga yang mengikuti kegiatan HANI 2023 menyampaikan bahwa promosi kesehatan menyangkut penyalahgunaan narkoba begitu penting untuk diketahui masyarakat luas.

Peringatan HANI tidak hanya diselenggarakan di Ruang Limpah Sungai Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur juga diselenggarakan di rawat inap NAPZA RSKO Jakarta (Instalasi Rehabilitasi NAPZA) yang melibatkan para pasien NAPZA rawat inap.

Instalasi Rehabilitasi NAPZA akan mengadakan lomba antar sesama pasien dalam bentuk group yang terdiri dari 1 grup 5 orang. Adapun lomba-lomba tersebut :

 

  • Lempar pingpong dalam loyang
  • Memindahkan kacang menggunakan sumpit
  • Memindahkan balon menggunakan bagian belakang
  • Memasukkan belut ke dalam botol
  • Lomba kebersihan kamar.

Kegiatan lomba kekompakan antar pasien untuk menyambut HANI 2023 ini akan dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RSKO Jakarta pada tanggal 3 Juli 2023.

_

Salam Sehat

RSKO Jakarta

www.rsko-jakarta.com

Karang Taruna Kalisari & Pondok Rangon , YSKN, PORSI, IFI dan Tim HANI RSKO Jakarta I Sumber Foto: RSKO Jakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image