Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Faris Pambudiluhur

Dampak Perang Rusia-Ukraina terhadap Stabilitas Komoditas Global

Politik | Sunday, 25 Jun 2023, 14:37 WIB

Perang Ukraina-Rusia memicu ketegangan politik dan ketidakstabilan di kawasan Eropa dan sebagian Asia, bahkan juga Global. Rusia sebagai salah satu negara produsen energi terbesar di dunia memiliki peran penting dalam rantai pasokan energi global ini. Gangguan di sektor energi, seperti pemotongan pasokan gas alam atau penutupan jalur pipa, berpotensi mengganggu rantai nilai global secara keseluruhan.

Maksym Pozniak-Haraburda on Unsplash)" />
Foto gedung di Ukraina yang terdampak serangan militer Rusia (Photo by Maksym Pozniak-Haraburda on Unsplash)

Selain itu, Ukraina juga memiliki peran penting dalam rantai nilai global, terutama dalam sektor manufaktur dan industri. Banyak perusahaan multinasional yang memiliki pabrik atau fasilitas produksi di Ukraina. Konflik yang terjadi di negara tersebut dapat mengganggu pasokan komponen, bahan baku, atau produk jadi ke negara-negara lain di seluruh dunia. Hal ini akan berdampak negatif pada rantai nilai global, mengganggu produksi dan distribusi global.

Gangguan pada produksi dari komoditas tersebut sedikit banyak mempengaruhi sistem produksi dan manufaktur, apalagi sektor gas dan energi merupakan sektor vital dalam manufaktur. Komoditas yang menurun namun permintaan akan komoditas yang masih sama mengakibatkan kelangkaan atau biasa disebut scarcity dalam istilah ekonomi bisnis. Kelangkaan ini menjadikan komoditas sebagai barang langka sehingga harganya naik. Oleh karena itu, beberapa produsen yang menggunakan komoditas dari Rusia atau Ukraina harus menaikkan harganya untuk mengimbangi dinamika yang terjadi.

Selain itu, perang ini juga menciptakan ketidakpastian politik dan ekonomi yang dapat mengurangi kepercayaan investor dan mempengaruhi arus investasi asing. Investasi asing yang penting dalam membentuk rantai nilai global dapat terhambat atau berkurang akibat ketidakstabilan politik dan risiko konflik.

Sebagai kesimpulan, kaitan antara perang Ukraina-Rusia dengan rantai nilai global menggarisbawahi pentingnya stabilitas politik dan keamanan dalam mempertahankan kerja sama ekonomi global. Konflik dan ketidakstabilan dapat dengan cepat merambat melintasi batas-batas negara dan mengganggu hubungan dagang serta pasokan global. Oleh karena itu, kerja sama internasional dan upaya untuk meredakan ketegangan menjadi sangat penting dalam memastikan kelancaran rantai nilai global yang vital bagi perekonomian global.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image