Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Tim Robotic UAD Dapat 3 Penghargaan pada KRI 2023 Wilayah 1

Edukasi | Monday, 19 Jun 2023, 11:27 WIB
Tim Robotik Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil mendapatkan 3 penghargaan dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Wilayah I tahun 2023 yang berlangsung pada 28 Mei hingga 5 Juni 2023. Bertempat di Universitas Semarang (USM), ajang tersebut diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

KRI adalah kompetisi tahunan dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Lebih lanjut, KRI diselenggarakan sebagai ajang mencari talenta-talenta anak negeri dalam bidang robotika. UAD mengirim 4 tim untuk bertanding yakni Al-Jazari, Lanange Jagad, R-Squad, dan Sagotra.

Terdapat 7 divisi yang dipertandingkan dalam KRI tahun 2023, yakni:

  1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI)
  2. Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI)
  3. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia – Beroda (KRSBI – B)
  4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia – Humanoid (KRSBI-H)
  5. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI)
  6. Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI)
  7. Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI)

Dalam kesempatan tersebut, UAD sukses memboyong 3 penghargaan dalam beberapa kategori, yakni:

  1. Juara II Kategori Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) oleh tim Al-Jazari
  2. Juara III Kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) oleh tim Lanange Jagad
  3. Juara II Kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid oleh tim R-Squad

Kemenangan di Kontes Tingkat Wilayah ini kemudian akan menghantarkan tim-tim UAD pada Kontes Tingkat Nasional. “Harapan saya ke depannya untuk semua tim divisi yang lolos ke nasional dapat mendapatkan juara. Tetap berjuang dan jaga prestasi untuk tahun-tahun yang akan dilewati ke depannya,” ungkap Muhammad Syahrul selaku Ketua Umum Robotic Development Community (RDC) saat diwawancarai melalui WhatsApp.

Dengan prestasi tersebut, diharapkan tim robotik UAD dapat kembali mengharumkan nama institusi di kancah nasional. Lebih lanjut, diharapkan pula mahasiswa lain di UAD dapat termotivasi untuk terus berinovasi baik dalam bidang rancang bangun robotika maupun bidang yang lainnya. (Lid)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image