Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Annisa Fithri

Seberapa Pentingkah Mental Health itu?

Edukasi | Sunday, 04 Jun 2023, 23:30 WIB
https://pixabay.com/id/photos/kesehatan-mental-ubin-kayu-2019924/

Akhir-akhir ini sering terdengar berita remaja bunuh diri, tak tau apa motivasi yang membuatnya seperti itu, mahasiswa tingkat akhir yang depresi akibat skripsian, dan kejadian-kejadian lain yang membuat mental health rusak. Kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak yang besar pada kepribadian dan perilaku seseorang. Peristiwa-peristiwa tersebut dapat berupa kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan anak, atau stres berat jangka panjang.

Jika kesehatan mental terganggu, maka timbul gangguan mental atau penyakit mental. Gangguan mental dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan, dan memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri.

Beberapa jenis gangguan mental yang umum ditemukan, antara lain depresi, gangguan bipolar, kecemasan, gangguan stres pasca trauma (PTSD), gangguan obsesif kompulsif (OCD), dan psikosis. Beberapa penyakit mental hanya terjadi pada jenis pengidap tertentu, seperti postpartum depression hanya menyerang ibu setelah melahirkan.

Mental health sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Karena apa? Karena jika mental health buruk bisa merusak diri sendiri misalnya, depresi meningkatkan risiko berbagai jenis masalah kesehatan fisik, terutama kondisi jangka panjang seperti diabetes , penyakit jantung , dan stroke. Demikian pula, adanya kondisi kronis dapat meningkatkan risiko penyakit mental.

Berikut yang menyebabkan gangguan mental pada orang :

1. Pengalam yang buruk, seperti trauma atau pelecehan (kekerasan seksual, kdrt, dll)

2. Dalam bidang kesehatan, missal kanker, diabetes, atau yang lain.

3. Ketidakseimbangan kinerja otak

4. Menggunakan alkohol atau obat-obatan terlarang

5. Feeling lonely (merasa kesepian tidak ada tempat berbagi cerita dll)

6. Stress akibat tekanan terhadap pekerjaan atau yang lain.

Selanjutnya, tanda-tanda orang yang gangguan mental :

1. Perubahan perilaku (bersikap kasar, mudah marah, frustasi, dll)

2. Mood yang bisa berubah kapan aja secara tiba-tiba

3. Kurangnya konsentrasi dalam bekerja

4. Menyakiti diri sendiri, seperti bunuh diri

Lalu cara mengatasinya dengan menghabiskan waktu dengan kegiatan yang positif dan menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman, kalau ada masalah cerita ke teman dekat atau siapapun itu yang bisa digunakan tempat cerita. Jangan langsung lari dari masalah ataupun melakukan hal-hal yang negatif yang akan merugikan kita sendiri, hadapi itu semua dengan kekuatan dan kesabaran.

Kemudian, ciri-ciri kesehatan mental yang baik diantaranya:

1. Positif vibes (selalu berpikir positif dan bahagia)

2. Tidak mudah putus asa, belajar dari kekalahan dan kekecewaan

3. Hubungan yang baik kepada keluarga, teman, dan orang-orang terdekat lainnya

4. Berolahraga dan makan-makanan yang bergizi

5. Selalu merasa puas terhadap pencapaian

6. Santai, tenang, nyaman dalam suatu hubungan, tidur nyenyak

Maka dari itu, pentingnya menjaga mental health agar kita memiliki mental yang positif dan juga terhindar dari sesuatu yang berbahaya (seperti, bunuh diri, depresi, dll). Jaga mentalmu seperti menjaga dirimu sendiri!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image