Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Divany Presita Br Sitepu

Jaga Kesehatan Mental dengan Mengubah Perilaku Self Harm Menjadi Self Love

Edukasi | Sunday, 28 May 2023, 15:18 WIB
Sumber : https://promises.com.sg

Laye-Gindhu & Schornet-reichl (2015) mengatakan bahwa self harm adalah salah satu gangguan kesehatan mental berupa perilaku yang disengaja dan secara sukarela menyakiti diri sendiri namun tidak sampai membahayakan seperti usaha bunuh diri. Mengiris bagian tubuh tertentu, menarik rambut, memukul atau membenturkan kepala ke benda-benda tertentu merupakan tindakan-tindakan self harm. Pada keadaan tertentu seperti sedang marah, cemas, stress dan kesepian seseorang akan merasa kondisi dan perasaannya menjadi lebih baik dengan melukai diri sendiri.

Penyakit jiwa yang satu ini jarang dibahas di dalam media-media dan tidak banyak orang yang mengetahuinya. Padahal jika perilaku ini berlangsung lama dan tidak segera diatasi dapat berakibat fatal bagi sang penderita. Semakin parah kondisi seseorang dalam perilaku ini maka akan semakin sulit untuk mengontrol dan meninggalkan kebiasaan tersebut.

Lantas apakah penyakit ini harus ditangani langsung oleh unit pelayanan kesehatan kesehatan mental? Jawabannya tidak. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari perilaku tidak sehat atau yang sering disebut dengan self harm.

Pertama, disaat perasaan untuk melukai diri muncul segera alihkan pikiran dan lakukanlah aktivitas fisik atau hal positif seperti beribadah yang dapat meredakan emosi yang sedang dirasakan.

Kedua, kenali penyebab yang membuat hasrat untuk melukai diri sendiri itu timbul dan hindarilah penyebab itu serta carilah dukungan sosial atau support system yang dapat membantu ketika mental dalam keadaan terpuruk.

Terakhir, cobalah untuk mengenali diri sendiri dan pola perilaku melukai diri dan tuliskan situasi tersebut, hal ini dapat membantu menenangkan diri dari emosi yang sedang meningkat. Mulailah menerapkan prinsip self-love untuk menghargai dan menjaga kesehatan tubuhmu. Tetapi jika saran ini tidak membantu dalam perilaku self harm cara terakhir yang dapat dilakukan adalah mendapatkan bantuan profesional.

Ingat, bahwa setiap hidup pasti mempunyai tantangan yang berbagai macam tetapi jangan lemah dengan semua itu. Sayangi tubuhmu dan dirimu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image