Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Juan Fr

Efektivitas Alat Pelindung Diri dalam Meminimalkan Paparan Radiasi bagi Radiografer

Edukasi | Tuesday, 16 May 2023, 18:14 WIB

Radiografer adalah tenaga medis yang sering terpapar paparan radiasi ionisasi dalam pekerjaan sehari-harinya. Paparan radiasi yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan radiografer, seperti peningkatan risiko kanker dan gangguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, penggunaan alat pelindung diri (APD) yang efektif sangat penting untuk meminimalkan paparan radiasi yang diterima oleh radiografer. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas berbagai jenis APD dalam melindungi radiografer dari paparan radiasi.

Beberapa jenis APD yang umum digunakan oleh radiografer antara lain, apron, pelindung gonad, pelindung tiroid, kacamata pd, dan sarung tangan pb. Efektivitas APD dapat dinilai berdasarkan kemampuannya untuk mengurangi dosis radiasi yang diterima oleh radiografer. Apron merupakan alat pelindung diri petugas radiologi yang menutup dada sampai lutut, berbahan dasar logam yang setara dengan timah hitam (Pb). Pelindung gonad adalah alat pelindung diri petugas radiologi yang melindungi tubuh bagian bawah pada bagian pinggul (system reproduksi yaitu gonad/Ovarium). Pelindung tiroid adalah alat pelindung diri petugas radiologi yang menutupi bagian leher untuk melindungi kelenjar gondok (tyroid). Kacamata radiasi dan sarung tangan plumbum digunakan untuk melindungi mata dan tangan dari paparan radiasi yang mungkin terjadi selama prosedur radiografi.

Selain jenis APD tersebut, faktor-faktor lain seperti ketebalan dan kualitas bahan APD juga mempengaruhi efektivitasnya. Semakin tebal dan berkualitas baik APD, semakin efektif dalam mengurangi paparan radiasi. Oleh karena itu, pemilihan dan penggunaan APD yang tepat sangat penting dalam melindungi radiografer.

Selain menggunakan APD, penting juga bagi radiografer untuk mengikuti prosedur radiologi yang benar, termasuk menjaga jarak yang aman dari sumber radiasi dan menggunakan perisai tambahan jika diperlukan. Pelatihan dan kesadaran akan pentingnya penggunaan APD yang efektif juga merupakan faktor kunci dalam menjaga keselamatan radiografer.

Penggunaan alat pelindung diri (APD) yang efektif sangat penting dalam meminimalkan paparan radiasi bagi radiografer. Apron, pelindung gonad, pelindung tiroid, kacamata pb, dan sarung tangan pb adalah beberapa jenis APD yang umum digunakan dalam praktik radiografi. Pemilihan APD yang tepat, termasuk ketebalan dan kualitas bahan, serta kepatuhan terhadap prosedur radiologi yang benar, dapat membantu melindungi radiografer dari paparan radiasi berlebihan. Kesadaran akan pentingnya penggunaan APD yang efektif dan pelatihan yang tepat juga harus ditingkatkan untuk menjaga keselamatan radiografer dalam lingkungan kerja yang berisiko paparan radiasi.

Juan Farikh Rahmada, mahasiswa DIV Teknologi Radiologi Pencitraan - Fak. Vokasi UNAIR

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image