Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image dessy fathin

Bansos tidak Tepat Sasaran, Masalah Kemiskinan tak Segera Terselesaikan

Sekolah | Friday, 05 May 2023, 17:44 WIB

Program bantuan sosial yang dijalankan oleh pemerintah merupakan salah satu bagian dari upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Masalah ekonomi dianggap sebagai masalah utama yang segera membutuhkan solusi untuk mengakhiri krisis di negara-negara berkembang. Meski demikian, pemerintah telah melakukan sejumlah inisiatif strategis untuk memperbaiki perekonomian Indonesia. Pemerintah memberikan bantuan sosial dalam menyelesaikan masalah ekonomi sebagai bagian dari tugasnya untuk menghidupkan perekonomian negara dan kewajibannya berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 untuk menjamin kesejahteraan rakyat. Namun, banyak pemberian bantuan sosial pemerintah ini yang justru berjalan tidak tepat sasaran.

Terdapat beberapa alasan yang menyebabkan bantuan sosial tidak tepat sasaran, salah satunya adalah karena banyak orang yang memiliki mental miskin sehingga menimbulkan banyak orang yang mampu mendapatkan bantuan sosial yang seharusnya tidak berhak mereka terima. Sehingga kesadaran diri masyarakat terhadap bantuan sosial perlu diperbaiki, karena bansos seharusnya diperuntukkan kepada masyarakat yang benar-benar miskin atau bagi yang terkena bencana sebagai upaya pemerintah dalam pengentasan kemiskinan.

Selain itu, validasi dan verifikasi data terpadu kesejahteraan sosial atau data kemiskinan tidak berjalan dengan baik, sehingga masih banyak warga mampu yang masih tercatat. Pemutakhiran data di tingkat pemerintah daerah tidak berjalan dengan lancar, terutama di desa. Seringkali pendataan penerima bantuan sosial diberikan kepada mereka yang dekat dengan kepala desa ataupun anggota perangkat desa yang memiliki perekonomian yang dianggap mampu oleh masyarakat, hal ini justru menyebabkan masyarakat yang benar-benar miskin tidak didata untuk menerima bantuan sosial.

Sehingga dalam penyelenggaraan bantuan sosial terutama ditingkat desa, kesadaran diri pemerintah desa diperlukan agar benar-benar bertanggung jawab dan selektif dalam memutuskan siapa yang berhak menerima bantuan sosial. Untuk memfokuskan bantuan sosial kepada masyarakat secara tepat sasaran, peran kepala desa dalam menyelenggarakannya menjadi sangat penting. Dalam mengatur penyaluran bantuan sosial kepada mereka yang benar-benar tidak mampu, kepala desa berperan penting sebagai pemimpin untuk mengelola bantuan sosial tepat sasaran bagi warganya yang miskin dan benar-benar membutuhkan.

Penulis : Dessy Fathin Maghfiroh (Mahasiswa Sosiologi Universitas Airlangga)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image