Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rara Salsabila

Peran tvMu Sebagai Siaran Televisi Keagamaan Dalam Kehidupan Masyarakat

Agama | Sunday, 12 Mar 2023, 19:38 WIB
Gambar 1: Logo tvMu (Sumber: www.youtube.com)

TvMu merupakan salah satu siaran televisi swasta keagamaan yang dimiliki oleh Muhammadiyah. Sebagai salah satu siaran televisi keagamaan yang ada di Indonesia, tvMu tidak hanya memuat wawasan terkait keagamaan namun juga menyajikan berbagai informasi, sarana berdiskusi hingga podcast. Salah satu platform yang menjadi wadah tvMu membagikan berbagai informasi adalah Youtube.

Dikutip dari website tvMu, peran tvMu terhadap kehidupan yaitu sebagai media sumber informasi baik pendidikan, dakwah, dan kontrol sosial masyarakat yang diharapkan mampu menjadi inspirasi, referensi, dan juga motivasi bagi masyarakat supaya meningkatkan harkat, martabat, dan kualitas kehidupan bagi setiap masyarakat yang menontonnya.

Hal ini dapat terlihat melalui berbagai konten yang ada dalam Youtube tvMu. Youtube menjadi salah satu palatform yang digunakan tvMu dalam menyebarkan setiap konten yang diproduksinya. Dengan memanfaatkan Youtube, siaran tvMu dapat ditonton kapan saja dan dimana saja oleh masyarakat karena kemudahan aksesnya. Ini menjadi salah satu kemudahan dalam menyebarkan konten tvMu kepada masyarakat.

Berbagai peran tvMu dapat dilihat dengan adanya berbagai konten yang ada dalam Youtube tvMu yaitu menyampaikan informasi atau berita terkait Muhammadiyah. Sebagai salah satu sumber informasi pendidikan, tvMu menyajikan berbagai berita perkembangan dari lembaga Muhammadiyah. Sebagai contoh, berita terbaru yang ada di Youtube tvMu yaitu kunjungan Dubes Sudan, Yasser Muhammed ke PP Muhammadiyah dalam rangka silaturahmi dan ajakan kerjasama dalam bidang ekonomi, kebudayaan, dan pendidikan.

Berita lain dalam bidang pendidikan dapat berupa kemajuan-kemajuan yang ada dalam berbagai bidang pendidikan Muhammadiyah. Salah satu contohnya berita terbaru dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka yang menyatakan siap membuka pendidikan Spesialis Neurologi dan Obgyn pada Fakultas Kedokteran. Dekan Fakultas Kedokteran Uhamka menargetkan program kedokteran spesialis akan dibuka pada tahun 2026.

Selain informasi bidang pendidikan, tvMu juga menyajikan berbagai program dakwah mengenai keagamaan. Untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, tvMu mengadakan program Mimbar Jumat yang tayang setiap hari Jumat. Mimbar Jumat ini berisi berbagai dakwah dengan topik yang berbeda-beda guna meningkatkan kualitas keagamaan umat. Pengisi tausiyah dalam program Mimbar Jumat selalu berbeda-beda pada setiap tayangan. Salah satu yang terbaru yaitu diisi oleh Dr. Saiful Bahri dengan topik Hikmah Perjalanan Rasulullah SAW. Selain program Mimbar Jumat, tvMu juga memiliki program Gerakan Subuh Mengaji.

Dalam tvMu tersedia berbagai informasi terkait perkembangan Muhammadiyah seperti informasi mengenai musyawarah wilayah. Informasi musyawarah ini dapat memberikan informasi mengenai topik yang diangkat dalam musyawarah tersebut. Salah satu contohnya adalah Musyawarah Wilayah Jawa Tengah yang dimulai dengan pemaparan program kerja kedepannya serta pembagian komisi sidang.

TvMu mempunyai podcast yang menampilkan berbagai topik, mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, hingga kesehatan. Melalui podcast ini, tentunya tvMu berharap masyarakat akan mendapatkan berbagai informasi yang tepat dan menambah wawasan terkait berbagai topik yang diperbincangkan di podcast tersebut. Pilihan podcast sebagai salah satu program tvMu menjadi hal yang tepat dikarenakan pada saat ini, podcast menjadi daya tarik yang cukup popular di masyarakat.

Tidak hanya podcast, tvMu juga menyediakan sarana berdiskusi dengan mengangkat topik-topik terkini. Program ini diberi nama Dialektika tvMu. Terdapat berbagai narasumber yang akan menyampaikan pemikirannya terkait topik tertentu. Dengan adanya program Dialektika, masyarakat dapat melihat dan mendengar langsung berbagai pendapat dan mendapatkan wawasan terkait topik yang diangkat. Narasumber pada program Dialektika juga berasal dari berbagai kalangan oleh karena itu akan memberikan sudut pandang yang berbeda yang dapat diringi oleh pro dan kontra terkait topik tersebut.

Melalui berbagai program yang ditampilkan oleh tvMu, dapat disimpulkan bahwa peran siaran televisi keagamaan tidak hanya untuk memberikan wawasan terkait keagamaan melainkan dapat memberikan berbagai informasi. Informasi yang diberikan dapat berasal dari bidang pendidikan, ekonomi, hingga kesehatan. Hal ini tentunya sesuai dengan fungsi media yaitu memberikan informasi kepada khalayak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image