Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Thiara Chairun Nisa

4 Cara Liburan Bisa Menjadi Ladang Pahala

Gaya Hidup | 2024-06-25 18:13:58
Ilustrasi perjalanan (pexels/picjumbo)

Jelang musim liburan, kamu mungkin mulai merencanakan ke mana dan dengan siapa saja akan melakukannya. Selain, menyenangkan, liburan juga sekaligus menjadi waktu kamu untuk istirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan.

Namun, di sisi lain akan sangat disayangkan jika liburan hanya sekedar bersenang-senang. Jadi, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar liburanmu juga bisa menjadi ladang pahala.

  1. Bertafakur

"Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan."
Qs. Al-Mulk (68) : 15

Lihatlah betapa luas dan kayanya bumi semesta yang Allah ciptakan. Dengan merenungkannya kamu akan semakin meyakini bahwa Allah itu Maha Besar lagi Maha Segalanya. Sedangkan kita hanyalah mahluk kecil yang tidak ada apa-apanya di atas muka bumi ini.
Mempelajari fiqih safar juga diperlukan demi mendapat pahala keutamaannya. Permudah juga ibadahmu dengan berbekal perlengkapan ibadah khusus travel dari rumah.

2. Dianjurkan melakukan perjalanan di malam hari

"Hendaklah kalian melakukan perjalanan di malam hari, karena seolah-olah bumi terlipat ketika itu."

HR. Abu Daud no. 2571, Al Hakim dalam Al Mustadrok 1/163, dan Baihaqi dalam Sunan Al Kubro 5/256, Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat As Silsilah Ash Shahihah no. 681.

3. Memperbanyak doa selama di perjalanan

"Tiga waktu diijabah (dikabulkan) doa yang tidak diragukan lagi yaitu : (1) doa orang yang terdzholimi, (2) doa seorang musafir, (3) doa orang tua pada anaknya."
HR. Ahmad 12/479 no. 7510, At Tirmidzi 4/314 no. 1905, Ibnu Majah 2/1270 no. 3862. Syaikh Al A lbani menghasankan hadits ini.
Dengan berdoa, kamu akan merasa lebih tenang karena menyadari bahwa Allah akan selalu bersama kita.

4. Mengkonsumsi makanan yang halal"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlaj kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu."
Qs Al-Baqarah (2) : 168. Jangan lupa juga untuk tetap berusaha menjaga lingkungan dan alam agar nyaman. Tidak membuang sampah sembarangan dan saling mengingatkan anggota keluarga.

Akhir kata, menjaga tata krama juga diperlakukan apalagi kita sebagai pelancong. Perbanyak senyum dan bersikap ramah. Serta bagikan tips dan pengalaman berlibur agar menjadi inspirasi bagi orang lain.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya