Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Iin Rahmawati

Emang Seberapa Penting Opini Audit pada Laporan Keuangan

Edukasi | Tuesday, 28 Feb 2023, 21:31 WIB

Laporan Audit adalah suatu dokumen tentang suatu informasi keuangan suatu perusahaan dalam 1 periode akuntansi yang menggambarkan kinerja dari perusahaan tersebut

Tujuan Audit:

Tujuan dari audit laporan keuangan adalah untuk mempertanggungjawabkan kinerja dari suatu perusahaan kepada stakeholder atau pengguna jasa lainnya.

Nah, Audit laporan keuangan ini penting, terutama untuk perusahaan yang udah "Go Public"

Proses Audit

Auditing adalah suatu proses yang sistematis untuk mendapatkan dan mengevaluasi bukti yang berhubungan dengan asersi mengenai tindakan ataupun kejadian ekonomi yang dilakukan secara objektif, yang bertujuan untuk menentukan tingkat keatuhan asersi dengan kriteria yang sudah di tetapkan, dan mengomunikasikan hasilnya kepada para pengguna laporan keuangan.

Hasil Audit

Nah, Output dari hasil keseluruhan suatu proses audit ada opini yang diberikan oleh auditor atas laporan keuangan yang telah mereka periksa.

Dari laporan keuangan inilah yang menjelaskan apakah laporan keuangan dikatakan wajar atau tidak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image