Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Pendidikan dan Pembelajaran Skill Jurnalistik

Eduaksi | Monday, 13 Feb 2023, 10:21 WIB

Jurnalistik merupakan sebuah pekerjaan dengan kegiatannya yaitu mengumpulkan berita mencari fakta, dan melaporkan peristiwa berdasarkan hal atau peristiwa yang terjadi di lapangan atau masyarakat yang menjadi sumber berita, penulisan, editing dan penyebar luasan berita seperti di sosmed. Berita merupakan sebuah laporan terkait masalah, kegiatan besar, acara, hal aneh, pengetahuan atau ilmu dan lainnya yang unik dibagikan lagi kepada masyarakat namun dalam skala yang luas. Dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini berita menjadi suatu hal yang penting dan tidak pernah tertinggal acara nya untuk ditonton masyarakat, dikarenakan di dalam berita menyajikan hal bersifat fakta dan juga berisikan informasi penting tentang suatu keadaan, sehingga para penonton bisa mengetahui update terbaru terkait suatu kejadian di suatu tempat dan sebagai penonton yang mengamati berita mengambil makna dan pembelajaran dari berita yang sebagai salah satu mata yang menunjukkan kondisi suatu wilayah atau manusia.

Peristiwa atau fakta yang terjadi di dalam masyarakat merupakan sebuah berita dikarenakan berita merupakan sebuah pengabaran peristiwa atau fakta terkait suatu hal yang tentunya diberitakan kepada banyak orang untuk mengetahui informasi dan ilmu dari berita yang didapat dengan sumber terpercaya bukan sekadar hoaks atau sekadar opini semata yang ditampilkan di majalah, buku cerita dan lainnya yang bersifat hayalan atau imajinasi. Dalam berita opini pribadi dari penulis atau jurnalis tidak dicampur adukkan di dalamnya untuk membuat berita namun berita harus ditampilkan apa adanya sesuai yang ada dilapangan atau ditempat kejadian. Opini akan diberikan apabila berita yang diangkat ini menjadi sebuah topik diskusi yang membutuhkan jalan keluar atau hasil bagi terungkapnya suatu peristiwa namun tetap berdasarkan fakta dan ilmu yang terkait dengan peristiwa bukan hanya berdasarkan perasaan suka atau tidaknya terhadap wilayah atau individu atau kelompok tertentu.

Sebagai seorang jurnalistik bukanlah pekerjaan yang mudah, hal ini dikarenakan pekerjaan ini akan banyak menguras tenaga yang mengharuskan jurnalis ini mencari berita yang unik dan tidak dimiliki oleh jurnalis lainnya, selain itu harus selalu update berita terbaru atau peristiwa yang sedang viral agar tulisan atau tayangan terkait suatu peristiwa yang viral itu bisa ditonton dan apabila pembawaan berita, isi berita dan menjadi media yang ter update maka akan dipercaya oleh masyarakat dan menjadikan media anda sebagai salah satu media yang akan menjadi kepercayaan banyak orang dalam mencari fakta atau informasi serta updatetan terbaru. Kasus viral yang terjadi baru-baru ini berupa kasus Ferdy Sambo yang menggemparkan satu Indonesia bahkan negara luar pun ikut meliput berita ini. Setiap jurnalis berlomba-lomba mencari update terbaru terkait kasus Ferdy Sambo. Dimana saat meliput berita tentang Ferdy Sambo dan ingin mendapatkan berita terbaru terkaitnya banyak dari para jurnalis dan wartawan yang menunggu ditempat dimana akan munculnya Ferdy Sambo yang saat itu masih jadi tersangka dan dibawa pengawasan polisi yang kini telah disidang penjara seumur hidup.

Berdasarkan kegiatan para jurnalis ini selain meliput berita juga menganalisis berita yang ada dengan maksud agar bisa memberikan laporan berita yang semuanya mengandung isi berupa informasi atau fakta mulai dari nama peristiwa, kapan kejadiannya, berapa lama peristiwa ini terjadi, siapa saja aktor atau manusia yang terlibat di dalamnya, apa yang melatarbelakangi kasus ini, apa saja penyeybab dan dampak dan lain sebagainya yang bisa menghasilkan informasi. Selain itu informasi bisa juga didapatkan secara visual berupa gambar dan juga video.

Sebagai jurnalis haruslah memiliki skill-skill seorang jurnalis seperti komunikatif, menulis, mencari berita terbaru, attitude , disiplin yang baik atau ulet. Karena dibutuhkan komunikatif untuk bisa melakukan wawancara untuk menggali fakta/informasi yang ada, , menulis untuk bisa menyampaikan berita melalui apa yang ditulis entah ke media sosial atau mencatat informasi yang kemudian akan diliput di siaran langsung seperti di TV, Youtube dan tik-tok yang menyasar penonton dari kalangan remaja hingga dewasa. Skill yang diperlukan ini bisa anda dapatkan dengan bergabung langsung dan belajar dari perkumpulan atau organisasi terkait jurnalis entah di suatu organisasi kampus atau di luar kampus. Namun ada baiknya untuk tidak memberatkan jurnalis lainnya yang cekatan dan memiliki pengalaman didalamnya, ada baiknya solusi yang diperlukan adalah melatih skill jurnalis dengan memasuki AR Learning Center sebagai Lembaga pendidikan dan pembelajaran yang bisa mengajarkan dan memberi anda ilmu terkait skill menjadi seorang jurnalis.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image