Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Dhita dan Cerita Perjuangannya Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Edukasi | Thursday, 02 Feb 2023, 09:17 WIB
Dhita Pratama Putra (tengah) Mawapres Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tahun 2022 (Foto: Istimewa)

Dhita Pratama Putra atau akrab dipanggil Dhita adalah salah satu mahasiswa Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta angkatan 2020. Dalam ajang Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Tingkat Universitas tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD pada bulan Desember lalu, ia berhasil menduduki juara I.

Ternyata di balik kesuksesan yang diraih, terdapat proses panjang yang harus dengan sabar dan tekun ia lalui. Awalnya ia mengakui bahwa motivasinya mengikuti Mawapres adalah karena didorong oleh rasa penasaran. Meski begitu, akhirnya berujung pada keinginan untuk lebih meningkatkan prestasi usai ia meraih juara harapan II Mawapres Tingkat Universitas tahun 2021.

“Jadi, saya sudah menargetkan mengikuti ajang Mawapres sejak masih semester awal. Saya mengetahui ajang ini dari situs web Bimawa, dan saya berpikir akan keren kalau saya mendapat gelar juara. Namun sayangnya syarat mendaftar Mawapres itu minimal semester 3,” ungkapnya (30-1-2023).

Saat itu Dhita sempat patah semangat, tetapi ia dapat mengambil sisi positifnya jika itu artinya ia harus menyiapkan berbagai prestasi dan berkas-berkas pendukung seleksi Mawapres sejauh dan sebaik mungkin. “Saya mulai mengikuti berbagai kejuaraan supaya saya memiliki banyak sertifikat prestasi. Kemudian saat sudah duduk di semester 3, saya mulai mengikuti ajang Mawapres Tingkat Fakultas,” imbuhnya.

Usaha yang telah Dhita lakukan membuahkan hasil, ia berhasil meraih juara II Mawapres Tingkat Fakultas dan juara harapan II Mawapres Tingkat Universitas UAD 2021. Tidak berhenti sampai di tahap itu, ia makin giat dalam mengikuti pelatihan-pelatihan, publikasi, berbagai kejuaraan, dan pengajuan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk mengikuti ajang Mawapres selanjutnya.

“Alhamdulillah pada tahun 2022 lalu, terhitung saya sudah mendapat 50 lebih sertifikat kejuaraan, dan saya juga aktif dalam mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan oleh program prodi bersama dosen-dosen prodi maupun jenis-jenis pengabdian lainnya yang diakui,” jelasnya.

Selain itu, berbagai pelatihan yang ia ikuti seperti pelatihan menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan pelatihan Arduino, tentunya telah diakui dan bersertifikat. Kemudian, ia juga bergabung untuk short course yang diselenggarakan secara daring oleh Universitas Gajah Mada (UGM) dan University of New York untuk menunjang pengetahuan dan prestasinya.

Dhita menambahkan jika terdapat beberapa penelitian yang ia ikuti serta beberapa proyek yang memiliki HAKI dan saat ini sedang proses pengajuan paten. Menurutnya, poin-poin itu sangat menambah penilaian dalam seleksi Mawapres.

Gagasan yang ia ajukan dalam ajang Mawapres Tingkat Universitas adalah sebuah alat pendeteksi kebakaran gedung berbasis internet of thinks yang bisa dipantau melalui aplikasi dan situs web. Alat tersebut juga dapat mendeteksi dari mana arah kebakaran, seberapa parah kebakaran, dan memiliki multisensor.

“Alhamdulillah ide tersebut tidak hanya berupa gagasan, karena sudah ada prototipenya, sehingga untuk pengembangan lebih lanjut akan lebih mudah.”

Dhita juga mengatakan bahwa kelebihan dari gagasan yang ia ajukan adalah memiliki multisensor sebanyak lebih dari 5 sensor, sedangkan menurut studi pustaka yang telah ia lakukan selama ini hanya ada 2 sampai 3 sensor saja. Alat yang ia gagas tersebut pun berupa aplikasi yang dapat dipantau menggunakan gawai dan situs web pemantau yang akan dihubungkan langsung dengan pemadam kebakaran.

“Jadi ketika kebakaran gedung terjadi dan pemilik gedung sedang tidak berada di lokasi, melalui notifikasi di gawai, pemadam kebakaran tetap bisa mengetahui karena adanya pemantauan di pemberitahuan,” jelasnya.

Kendala yang Dhita alami selama proses seleksi Mawapres Tingkat Universitas adalah terletak di penggunaan bahasa asing (bahasa Inggris), karena dasarnya yang bukan pengguna bahasa Inggris aktif. Namun hal itu dapat ia atasi dengan baik dan lancar sampai akhirnya ia berhasil meraih juara I Mawapres UAD 2022.

“Kalau untuk seleksi Mawapres nasional saya kurang tahu, tetapi berdasarkan pengalaman tahun lalu, 5 besar Mawapres Universitas akan diseleksi terlebih dahulu di tingkat wilayah. Jadi mohon doanya saja semoga saya berkesempatan mewakili UAD maju ke tingkat nasional,” tutupnya. (SFL).

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image