Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salsabila Rahmadina

Kebijakan Pemerintah Kota Bekasi dalam Penanggulangan Banjir di Kota Bekasi

Politik | Tuesday, 03 Jan 2023, 12:41 WIB
Sumber Foto : metro.sindonews.com

Agenda Kebijakan

Dengan ada nya kebijakan ini dikarenakan setiap musim hujan tiba, masyarakat Kota Bekasi selalu merasakan kecemasan karena takut datangnya banjir. wilayah-wilayah yang tergenang banjir di Bekasi adalah wilayah yang merupakan dekat dengan Daerah Aliran Sungai. Karena Sebagian besar banjir di Kota bekasi disebabkan oleh meluapnya Sungai Cileungsi, Sungai Cikeas, Sungai Bekasi dan Sungai Cakung. Hal tersebut terjadi karena curah hujan yang cukup tinggi Biasanya juga banjir di Kota Bekasi tergantung pada curah hujan di Bogor, hal tersebut dikarenakan Sungai Cileungsi dan Cikeas mengalami lonjakan ketinggian air yang kemudian melewati wilayah – wilayah yang ada di Bekasi. Terdapat penyebab lain seperti rusaknya tanggul sungai dan sistem drianase yang belum bisa menampung banyak air. yang mengakibatkan genangan air yang cukup besar bisa selama tiga hari.

Perumusan Kebijakan

Maka dari itu dalam hal ini pemerintah Kota Bekasi telah mengupayakan penanggulangan banjir di Kota Bekasi dengan kebijakan seperti adanya normalisasi sungai yang melewati daerah rawan banjir, kemudian membangun tanggul di bantaran sungai, serta memasang sistem peringatan dini banjir yang terdiri dari lima stasiun pemantauan di sepanjang Sungai Cileungsi dan Cikeas, kemudian Melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membawa sampah sembarangan. Namun kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi dalam penanggulangan banjir tidak akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat tanpa adanya implementasi, karena implementasi merupakan wujud nyata dari suatu kebijakan. Dengan demikian, pembuat kebijakan tidak hanya melihat kebijakan tersebut telah dilaksanakan tapi harus melihat kondisi dilapangan pasca kebijakan tersebut dilaksanakan. Pembuat kebijakan harus melihat sejauh mana kebijakan tersebut dapat mencegah terjadinya banjir dan dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

Implementasi Kebijakannya

Implementasi kebijakan dikenal sebagai tahapan paling penting terhadap kebijakan tersebut. Dikarenakan implementasi kebijakan menentukan keberhasilan suatu proses kebijakan dimana tujuan dan dampak kebijakan dapat dihasilkan. Pada kebijakan penanggulangan banjir di kota Bekasi maka Implementasi tersebut seharusnya Pada kasus implementasi kebijakan penanggulangan banjir Kota Bekasi, para pembuat kebijakan harus mampu menciptakan suatu inovasi dari kebijakan yang dilakukan sehingga membuat kebijakan menjadi efektif dan efisien. Dalam hal itu Pemkot Bekasi sebenernya sudah melakukan berbagai cara dalam menanggulangi banjir, namun titik banjir yang sangat banyak dan pekerjaan tidak bisa diselesaikan dalam satu waktu maka terlihat seperti setengah-setengah. Melihat dari dampaknya memang pemerintah lebih banyak membuang biaya untuk mengatasi pasca terjadinya banjir, padahal inti dari permasalahan banjir itu adalah meluapnya air sungai. Kota Bekasi sebenernya bisa mencotoh DKI Jakarta yang sudah memiliki tanggul permanen dan juga pembuatan waduk untuk mengantisipasi air kiriman dari Bogor.

Kesimpulan

Pada permasalahan banjir di Kota Bekasi banyak terjadi permasalahan sehingga implementasi kebijakan penanggulangan banjir di Kota Bekasi tidak sesuai dengan perencanaan kebijakan. Karena adanya faktor komunikasi hanya sebatas koordinasi namun cendurung lambat untuk merealiasasikan sehingga masyarakat yang terkena dampak hingga saat ini masih merasakan kekecewaan. Dan juga banyaknya titik banjir membuat pemerintah kota bekasi terlihat masih menunggu dan mempertimbangkan langkah apa yang dilakukan.

Saran

Dengan adanya kebijakan pemerintah kota Bekasi dalam penanggulangan banjir di kota Bekasi maka kepada pemerintah diharapkan adanya perhatian lebih dalam mengantisipasi kepada masyarakat dengan wilayah-wilayah yang sering terjadi banjir.

Serta kepada pemerintah maupun masyarakat lainnya sangat diharapkan adanya kesadaran dalam menjaga kebersihan, dikarenakan yang memicu terjadinya banjir adalah sampah yang menyumbat.

Sumber :

Agustiar, D. (2020). BNPB: Ada 169 Titik Banjir, Terbanyak di Kota Bekasi! Www.Iidntimes.Com. https://www.idntimes.com/news/indonesia/dwi-agustiar/bnpb-ada-169-titik-banjir-terbanyak-di-kota-bekasi/3

Egeham, L. (2020). Wali Kota Bekasi Sebut Penanganan Banjir Tak Maksimal Karena Fasilitas

Terbatas. Www.Liputan6.Com. https://m.liputan6.com/news/read/4151508/wali-kota-bekasi-sebut-penanganan-banjir-tak-maksimal-karena-fasilitas-terbatas?

DOI: 10.36312/jisip.v6i4.3608/ http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index

Mahasiswa Administrasi Publik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image