Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rika Hany

Mengenali Kepribadian Manusia

Edukasi | Monday, 02 Jan 2023, 13:24 WIB
https://pixabay.com/id/users/mohamed_hassan-5229782/

Di kutip dari Buku Mengenal Kepribadian Manusia (2022) Oleh Dr. Jonar T.H. “ Setiap manusia sebagai ciptaan Allah Pasti memiliki kepribadian yang unik. Setiap manusia memiliki keunggulan dan kelemahan. setiap Manusia Juga memiliki jenis kepribadian yang berbeda. Kepribadian adalah cara seseorang untik berinteraksi dan bereaksi kepada orang lain. Sering di artikan juga kepribadian adalah sesuatu yang menonjol pada diri individu,” Dapat diartikan .Jenis kepribadianlah yang akan menentukan bagaimana seseorang bersikap sehari-hari. Biasanya, orang mengenal jenis kepribadian berupa ekstrovert, introvert, dan ambivert. Sebenarnya dalam ilmu psikologi masih banyak jenis kepribadian lain. Berdasarkan teori Hippocrates-Galenus, kepribadian khas seseorang muncul karena adanya dominasi salah satu unsur. Berikut terangkum empat jenis kepribadian mendasar seseorang.

K o l e r i s Jenis kepribadian ini biasanya menggambarkan seseorang yang sangat berorientasi pada tujuan. Bakat orang koleris yang kuat untuk kepemimpinan yang cepat dan tajam sangat di perlukan pada zaman sekarang. Tetapi kalo dibawa ke titik ekstrim , orang koleris yang kuat jadi sok berkuasa mendominasi dan manipulative. Orang tipe seperti ini , kalau ada di lingkungan mu, biasanya selalu diandalkan jadi pimpinan. Baik ketika kamu memang minta . kalau misalnya, tidak ada yang memimpin , dia akan menonjolkan diri nya jadi pemimpin. Berinteraksi dengan teman semacam ini akan aman untuk menyelesaikan pekerjaan, namun cenderubg menyebabkan sakit hati karena sering tidak pakai perasaan kalau memerintah orang lain. Orang-orang dengan jenis kepribadian koleris sangat terkenal dengan sikap analitis, logis, praktis, dan langsungnya serta terkenal sangat cerdas. Orang dengan kepribadian koleris juga kerap tidak menyukai pembicaraan singkat dan sangat menikmati sebuah pembicaraan tidak sia – sia. Lebih tepat nya dia tidak suka buang buang waktu.Orang dengan jenis kepribadian koleris suka menghabiskan waktu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengannya. Adapun beberapa pekerjaan yang cocok untuk seorang koleris yaitu pekerjaan yang terkait dengan industri seperti pengelolaan, teknologi, statistik, teknik, dan programming.

Melankolis Jenis kepribadian melankolis biasanya adalah tipe orang yang mencintai keluarga, dan teman-teman. Melankolis tidak terlalu menyukai hal baru atau petualangan alias lebih suka tradisi. Jenis kepribadian melankolis menghindari untuk bekerja di luar kota atau luar negeri karena mereka enggan berjauhan dengan rumah serta orang-orang tersayang mereka. Soal kehidupan sosial, jenis kepribadian melankolis adalah juaranya. Tipe orang ini dikenal sangat berusaha memberi kontribusi pada komunitas dan memiliki jiwa sosial tinggi. Mereka juga memiliki kepribadian yang baik dan sangat teliti . Kadangkala, bergaul dengan orang melankolis menimbulkan kebosanan dalam diri kita, semua nya serba teratur dan teliti, segala sesuatu di kerjakan dengan langkah – langkah yang jelas dan terstruktur. Kalau lama dalam prosess pengerjaan bukan karena malas tetapi, karena hasil nya harus sempurna. Ciri – ciri bila kita bertemu dengan orang melankolis ini biasa nya di lihat dari kamar tidur/ kantor nya , semuanya serba rapih , tertib dan berpola. Dan orang melankolis ini susah sekali di yakinkan. Untuk meyakinkan mereka, kita perlu data data yang akurat untuk meyakinkan argumentasi kita. Dan dalam segi keungan melankolis cenderung ‘sangat hemat ‘. Melankolis juga terlalu sensitif dan perasa. Jika mereka sedih, mereka akan susah di ajak ceria. Karier yang cocok untuk orang dengan jenis kepribadian melankolis adalah dalam bidang sosial, antara lain pekerjaan di bidang pengelolaan atau manajemen, akuntansi, pekerjaan sosial, atau bagian administrasi.

P l e g m a t I sKepribadian plegmatis yang damai dan mudah bergaul merupakan perpaduan yang mengaggumkan dan menjadikan nya orang yang paling di sukai di kelompok mana saja, namun orang plegmatis yang damai, tidak peduli melakukan apapun, masa bodoh dan tidak punya kepastian. Ciri ciri yang terlihat jelas adalah tidak mempunyai sikap yang jelas dalam mengambil keputusan, tidak mau memihak secara tegas sesuatu yang belum di ketahui nya, cenderung damai dan tidak mau berkonflik dengan orang lain. Terkadang orang plegmatsi harus ‘di dikte’ mengerjakan sesuatu. Mereka kurang mahir dalam urusan yang detail, seperti yang sederhana , merapikan kamar nya. Kalau kamu bereteman dengan orang plegamatis, akan sangat asyik karena, dia tipe orang yang asyik di ajak berteman dan tipe orang yang tenang . Dia dengan mudah setia di ajak jalan jalan. Namun, jika meminta mereka mengambil keputusan, mereka akan mengulur waktunya dan tampak bingung. Mereka agak khawatir jika salah mengambil keputusan. Mereka juga memiliki karakter yang sabar dan lembut lho. Oleh karena itu, pekerjaan yang cocok dengan jenis kepribadian ini adalah perawat, guru, psikolog, atau konseling
SanguinisSanguinis memiliki kepribadian yang hangat, orang dengan jenis kepribadian sanguinis dikenal sangat hidup alias optimis, ringan, riang, ceria, dan aktif. Orang dengan jenis kepribadian ini sangat suka petualangan dan memiliki toleransi yang sangat tinggi. Mereka mudah bergaul dan mudah mencairkan suasana yang kaku menjadi lebih menyenangkan. Mereka juga sangat percaya diri dan dapat dipercaya. Orang dengan kepribadian Sanguinis bisa melangsung kan percakapan yang mengasyikkan merupakan segi plus yang membuat iri hati orang lain. Bergaul dengan meraka sebenarnya sangat menyenangkan, jika bercerita dia bisa menggambarkan sesuatu dengan baik, sehingga pikiran kita diajak untuk merangkai kata kata nya seperti sebuah film di kepala kita, saking bagus nya penggambaran cerita nya. orang yang sanguinis ini kalu ngobrol sama kamu kamu pasti akan mendominasi pembicaraan dan membuat perhatian semua orang tertuju padanya Mereka juga suka dengan hiburan. Oleh karena itu, ketika bosan, mereka akan cari variasi hiburan lain. Sayangnya, kadang sifat ini memengaruhi performa kerja mereka karena mereka cepat merasa bosan dan langsung mencari distraksi yang lebih menyenangkan. Orang berkepribadian dikenal sangat kreatif dan cocok menjadi seniman. Mereka dianggap akan berhasil jika memilih karier di industri hiburan. Mereka cocok dengan pekerjaan di industri kreatif karena kemampuan alami mereka. Orang dengan jenis kepribadian sanguinis sangat cocok bekerja pada bidang pekerjaan yang berhubungan dengan marketing, travel, fashion, memasak atau kuliner, atau olahraga.
Itulah Rangkuman tentang kepribadian dasar manusia. Terlepas dari apa kepribadian kita, kita adalah individu yang hebat, dan mempunyai kelebihan masing masing. Selalu semangat! Dan jangan lupa bahagia

Rika , Mahasiswi STAI Al Hamidiyah Jakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image