Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Memandikan Pasien diatas Tempat Tidur di Rumah Sakit

Edukasi | Friday, 18 Nov 2022, 10:22 WIB

Purwokerto – Pasien yang menjalani rawat inap di Rumah Sakit merupakan individu yang harus mendapatkan perhatian khusus. Tidak hanya perhatian dari segi psikologis saja tetapi juga dari segi fisik, baik dari segi medis maupun dari segi kebersihan. Dari segi kebersihan sendiri adalah dengan memandikan pasien diatas tempat tidur di Rumah Sakit. Kebanyakan pasien yang menjalani rawat inap di Rumah Sakit pantangan untuk menyentuh air dikarenakan mitos apabila menyentuh air maka akan semakin parah. Padahal hal itu tidak benar dari segi kesehatan pasien bahwa dengan memandikan pasien diatas tempat tidur bisa menjaga kebersihan pasien.

Dosen Spesialis Medikal Bedah "Prima Trisna Aji" ketika mengajarkan memandikan pasien diatas tempat tidur kepada mahasiswa/photo by : youtube source

Dalam memandikan pasien diatas tempat tidur ada hal – hal yang harus diperhatikan yaitu ketika memandikan pasien harus menggunakan air hangat. Dikarenakan apabila menggunakan air dingin bisa memperparah kondisi pasien. Efek manfaat air hangat sendiri adalah bisa memperlancar sirkulasi peredaran darah pasien sehingga bisa membawa kebugaran pada pasien.

Dalam ilmu Hidroterapi manfaat air hangat antara lain Membuat sirkulasi darah menjadi lancar, menghilangkan kelelahan, menghilangkan stres pasien, memperlancar proses pencernaan pasien, mengurangi nyeri pasien, meningkatkan fungsi sistem saraf pisat dll. Meskipun bermanfaat bagi kesehatan tetapi ketika memandikan pasien tidak boleh berlama – lama dikarenakan bisa memperburuk kondisi pasien. Meskipun tidak boleh berlama – lama tetapi bukan berarti ketika melakukan tindakan harus grusa grusu atau keburu – keburu.

Sedangkan tujuan utama memandikan pasien diatas tempat tidur antara lain : Membersihkan kulit dari kotoran bau, Memperlancar peredaran darah pasien, Sebagai pengobatan, mencegah infeksi kulit dan mendidik pasien dalam kebersihan perorangan.

Beberapa hal prinsip siap yang harus diperhatikan dalam memandikan pasien diatas tempat tidur antara lain : Ramah, sabar, Sopan dan hati – hati. Sedangkan langkah – langkah urutan dalam memandikan pasien diatas tempat tidur antara lain dari Kepala meliputi wajah, hidung, mulut, kuping, leher kemudian menuju ke lengan, dada serta perut, punggung sampai bokong dan terakhir adalah kaki.

Dosen spesialis medikal bedah “Prima Trisna Aji” dalam prinsip memandikan pasien diatas tempat tidur di Rumah Sakit ada hal yang harus diperhatikan yaitu Evaluasi ketika sesudah memandikan pasien diatas tempat tidur. Evaluasi yang harus dilakukan antara lain : Evaluasi subjektif dan objektif, Rencana tindak lanjut, mencuci tangan pasien, dokumentasi tindakan, menjaga keamanan pasien dan menjaga keamanan tenaga medis. *Red

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image