Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Sang Idola dalam Arus Budaya Pop

Sastra | Tuesday, 08 Nov 2022, 13:41 WIB
Dok. Pixabay. Ilistrasi

Sang Idola

==

modernisme menghidupkan idola idola baru dalam arus budaya pop, motif motif konsumerisme dan trend gaya hidup. ia menelurkan arus pandang baru para pengekor, si inferior, memandang diri yang tunduk dalam arus massa.

benar kata Khaldun, guru ilmu sosial modern, si lemah akan tunduk pada ikatan sosial yang superior. bahkan menjadi pembenaran atas sabda Nabi, bahwa, citra diri yang inferior akan mengekor hingga masuk ke lubang biawak sekalipun.

itulah idola idola dalam layar kaca dan influencer, idola idola dalam budaya pasar dan idola idola dalam arus besar globalisme atau pascamodern, sang idola yang hidup dalam tautan industri, ilusi negeri adidaya, superpower, ohh.. wajah wajah yang hampir mengaburkan kebenaran, idola idola yang semu, bersama mereka kita hanya membangun rumah laba laba yang rapuh.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image