PoLICeUnisa Sebagai Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat.

Image
UNISA Yogyakarta
Edukasi | Friday, 23 Sep 2022, 10:23 WIB

Berdasarkan data RISKESDAS 2018 proporsi penduduk lansia di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan jumlah tertinggi secara nasional (14.5%), hal ini diiringi dengan berbagai prevalensi penyakit kronik yang tinggi seperti prevalensi Diebetus Millitus (DM) yang tercatat dua kali lipat dibanding prevalensi nasional (4.79%), hipertensi sebesar 11% (2.2% lebih tinggi jika dibandingkan dengan angka nasional;8,8%). Kondisi ini memerlukan inovasi strategi dalam pelayanan kebutuhan pendampingan kesehatan dalam waktu yang relative lama (long-term care) terkait dengan informasi dan pencegahan komplikasi penyakit kronik, termasuk peran serta active dari akademisi kesehatan.

Program Long Interdisciplinary Community Care Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (PoLICe_Unisa) adalah salah satu wujud kolaborasi dosen dan mahasiswa berkopeten dengan melibatkan peran active kader kesehatan dan keluarga dengan prinsip dari, oleh, dan untuk meningkatkan derajat kesehatan bagi keluarga yang mempunyai resiko atau telah terdiagnosa penyakit kronik. Program terintegrasi ini mengutamakan pelayanan promotive seperti peningkatan pengetahuan keluarga, kader kesehatan, serta mahasiswa; preventive seperti deteksi dini komplikasi penyakit kronik dengan optimalisasi peran kader, mahasiswa dan keluarga dalam management komplikasi.

Implementasi kegiatan PoLICe_Unisa telah dilaksanakan pada keluarga disalah satu padukuhan di Yogyakarta sebagai mitra kegiatan. Terdapat enam keluarga dengan lansia yang telah didampingi oleh TIM PoLICe_Unisa untuk mendapatkan perhatian pencegahan komplikasi dan keparahan komplikasi penyakit kronik pada lansia tersebut dengan serta mengoptimalkan peran keluarga dan kader kesehatan setempat. Berbagai kondisi kesehatan seperti stroke dengan keterbatasan rentang gerak, kekakuan sendi (contracture) dan penurunan masa otot (atropi), resiko tinggi decubitus dan infeksi paru (pnenumonia) serta konstipasi karena tirah baring yang lama (immobilisasi). Upaya kontrol tekanan darah bagi lansia dan kontrol gula darah serta edukasi pencegahan dan deteksi dini komplikasi DM seperti luka ulkus menjadi hal yang dilakukan dengan pemberdayaan dan peran active kader, keluarga dan mahasiswa berkopeten.

Program pendampingan kebutuhan layanan long-term care kepada pasien diberikan secara langsung sesuai dengan kebutuhan kesehatan secara individual (patient centered care) secara langsung dengan kunjungan rumah di komunitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Program ini didukung dengan pendekatan berbagai disipline ilmu yaitu keperawatan, fisioterapi dan admisnistrasi publik sebagai upaya integrasi pemenuhan kebutuhan layanan kesehatan dan juga mengakomodir kegiatan pembelajaran/pendidikan (Merdeka Belajar Kampus Merdeka/MBKM). PoLICe_Unisa merupakan bagian dari program hibah pengabdian kepada masyarakat Kemendikbud-ristekdikti tahun 2022 (No; 0248/E5/AK.04/2022) yang dilaksanakan oleh TIM dari Universitas Aisyiyah Yogyakarta dan melibatkan peran active kader kesehatan desa (posyandu lansia).

PoLICe_Unisa memberikan kebutuhan informasi kesehatan, meningkatkan pengetahuan dan derajad kesehatan masyarakat, mengurangi kepadatan kunjungan di rumah sakit untuk kontrol dan perawatan sederhana, serta membantu menekan biaya perawatan yang bersifat long- term care terlebih pada saat kondisi pandemic COVID-19, yang kemudian secara tidak langsung berdampak mengurangi beban ekonomi pasien dan keluarga (meminimalkan biaya perawatan, transportasi), sehingga memberikan ketahanan ekonomi keluarga yang lebih baik.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kampus Berwawasan Kesehatan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ucapan Selamat Hari Kesaktian Pancasila dari Rupbasan Palembang

Image

Pendekatan Matematika dalam Mitigasi Bencana

Image

SOLUSI EKONOMI DAN KEUANGAN ISLAM SAAT SAAT PANDEMI COVID 19

Image

Dosen Pascasarjana Uhamka Berhasil Terpilih dalam Program DRIVEN 2022 BRIN dari 374 Proposal

Image

MASINDO Ajak Seluruh Stakeholder Gaungkan Budaya Sadar Risiko

Image

Pegawai Bapas Semarang Antusias Menjaga Kebersihan Kantor

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image