Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhamad Ikhwan Abdul Asyir

PPS Pandawa Lengkong Cabang Bekasi Rayakan Milad Ke-21

Olahraga | Sunday, 04 Sep 2022, 07:50 WIB
PPS Pandawa Lengkong

Perguruan Pencak Silat (PPS) Pandawa Lengkong Cabang Bekasi rayakan milad yang ke 21. Pagelaran yang di gelar khitmad ini menjadi momentum yang rutin tiap tahunnya. Acara milad ini digelar di Lapangan komplek SMK Sumber Pertama Bangsa, Bojong Menteng, Kota Bekasi.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan upacara dan penyerahan ijazah kenaikan tingkat kepada anggota PPS Pandawa Lengkong oleh Pembina dan Ketua PPS Pandawa Lengkong Cabang Bekasi.

Upacara peringatan milad ini dipimpin langsung Pembina PPS Pandawa Lengkong Bekasi Bpk Ustad Karsun, dalam sambutannya, pembina Pandawa Lengkong Bekasi ini menyampaikan beberapa hal yang menjadi ajang renungan seluruh anggota dan perserta milad PPS Pandawa.

Salah satunya adalah, pesan tentang nilai filosofis yang ada dalam setiap ajaran dan pendidikan yang dilakukan di perguruan pencak silat ini. Pandawa yang merupakan singkatan dari "Pamili Anu Nungtut Dialajar Walagri Ati" memiliki arti mendalam bahwa setiap ajaran dan nilai pendidikan yang ada dalam pencak silat ini adalah adalah untuk membentuk manusia yang WALAGRI ATI, dimana yang dimaksud dengan Manusia Walagri Ati itu adalah Manusia yang berfikir, bertindak, dan berperilaku suci.

Sumber: dokumentasi pribadi

Selain upacara pembukaan dan penyerahan ijazah kenaikan tingkat anggotanya, acara milad ini dilanjut dengan sarasehan antara pembina, pelatih dan para anggota.

Dalam sarasehan milad, Ponda Wartanto selaku ketua sekaligus pelatih juga menyampaikan beberapa hal penting seperti sejarah singkat hadirnya PPS Pandawa di kota Bekasi dan harapan semoga PPS Pandawa semakin berkembang dan semakin mampu menebarkan manfaat.

Dalam sambutan ini, disinggung juga bahwa diusia yang ke 21 tahun ini, jumlah keseluruhan anggota PPS Pandawa Lengkong terhitung sudah mencapai ratusan, namun demikian, karena kesibukan apalagi lokasi PPS Pandawa Lengkong Cabang Bekasi yang notabennya kota Bekasi memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, banyak anggota yang menjadi kurang aktif.

Muda mudi PPS Pandawa Lengkong

Hal demikian justru harus menjadi pecutan semangat bagi kita semua yang masih bisa aktif dan berkegiatan. Pertemuan setiap anggota pada penyelenggaraan milad ini menjadi hal yang sangat berkesan mendalam.

Pasca sarasehan, acara di lanjut dengan pembacaan tahlil, dan pemotongan tumpeng secara simbolis dan dilanjut dengan makam bersama seluruh peserta milad yang terdiri anggota, pelatih, pembina dan warga sekitar RW 5 Bojong Menteng, Kota Bekasi sebagai wujud syukur atas usia PPS Pandawa Lengkong yang ke 21 ini, semoga PPS Pandawa Lengkong mampu tetap konsisten memberikan kebermanfaatan seluas-luasnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image