Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ibnu nih

5 Hal yang Pertama Kali Orang Nilai Ketika Pertama Kali Bertemu

Gaya Hidup | Monday, 25 Jul 2022, 15:26 WIB
Sumber: Pixabay

Sebagai manusia kita pasti tidak bisa lepas dengan manusia lain, hal seperti ini merupakan sifat alamiah yang dimiliki oleh setiap manusia, meskipun ada pengkategorian kepribadian seseorang yang cenderung gemar bertemu dan berinteraksi dengan orang lain dan ada juga orang yang lebih suka menyendiri. Manusia sebagai makhluk sosial dapat diartikan sebagai makhluk yang berhubungan secara timbal-balik dengan manusia lain. Dalam sosiologi, mahkluk sosial adalah sebuah konsep ideologis di mana masyarakat atau struktur sosial dipandang sebagai sebuah organisme hidup. Manusia tidak dapat hidup sendiri atau mencukupi kebutuhanya sendiri Keberadaan manusia sebagai makhluk sosial mewajibkan manusia melakukan peran-peran sebagai berikut: Melakukan interaksi dengan manusia lain atau kelompok. Membentuk kelompok-kelompok sosial. Menciptakan norma-norma sosial sebagai pengaturan tata tertib kehidupan kelompok.

Manusia bisa dikatakan sebagai makhluk tuhan paling sempurna, dalam kasus lain manusia juga dikatakan sebagai makhluk yang bebas, akan tetapi sebagai makhluk sosial, manusia bukanlah makhluk yang bebas nilai. Tidak bebas nilai yang dimaksud adalah: manusia akan selalu terikat dengan norma-norma atau nilai-nilai yang ada dimasyarakat. Dari hal tersebut munculah stigma, Stigma merupakan segala bentuk atribut fisik dan sosial yang mengurangi identitas sosial seseorang, mendiskualifikasikan orang itu dari penerimaan orang lain. Stigma berasal dari bahasa Inggris yang artinya noda atau cacat. Stigma merupakan sebuah ketidak setujuan masyarakat terhadap sesuatu seperti contohnya sebuah tindakan atau kondisi. Stigma adalah brand, tanda atau noda.

Sebagai manusia sosial kita pasti tidak dapat dipisahkan dari pertemuan dengan manusia-manusia lain, entah itu kebutuhan pendidikan semasa sekolah atau kebutuhan profesional semasa bekerja kita akan selalu berhadapan dengan orang-orang baru. Sebagai manusia yang berbudaya sepatutnya kita mempertimbangkan 5 hal yang pertama kali orang nilai ketika pertama kali bertemu.

1. Yang peretama mengenai 5 hal yang pertama kali orang nilai ketika pertama kali bertemu adalah Gigi, ketika pertama kali berkenalan dengan orang baru kita pastinya akan bersikap ramah tamah, dengan menjabat tangan dan memberi senyum, ketika tersenyum seringkali gigi kita akan nampak. Mengapa gigi masuk dalam 5 hal yang pertama kali orang nilai ketika peretama kali bertemu karena secara harfiah gigi dapat mencitrakan atau menunjukan status kesehatan, umur dan kebiasaan. Orang yang kurang menjaga kebersihan giginya pasti jarang dibersihkan. Hal tersebut dapat memberi kesen kurang baik ketika pertama kali bertemu.

2. Yang kedua adalah bahasa, penggunaan bahasa disini tidak melulu bahasa yang menunjukan latar belakang geografis lebih lanjut bahasa yang pertama kali orang gunakan untuk menilai orang yang pertama kali bertemu adalah penggunaan susunan kosakata yang tepat, penggunaan grammar yang tepat menunjukan status pendidikan seseorang.

3. Hal selanjutnya yang akan orang lain nilai ketika kali pertama bertemu adalah kepercayaan diri, kepercayaan diri akan menunjukan status emosi seseorang, orang yang percaya diri merupakan orang yang siap, siap disini berarti siap dalam segala hal apapun yang akan ia hadapi ketika bertemu orang-orang baru.

4. Yang ke 4 ada kebersihan, kebersihan merupakan hal terpenting yang nantinya akan berimbas kepenilaian seseorang terhadapmu, bau badan atau bau mulut menunjukan cara seseorang dalam merawat diri. Merawat diri bukanlah hal yang hanya dibutuhkan oleh kaum hawa, semua makhluk hidup butuh merawat diri. Mandi dan menggunakan wangi-wangian merupakan salah satu cara merawat diri, bahakan di beberapa kasus banyak perempuan yang lebih tertarik dengan cowo wangi dari pada cowo ganteng.

5. Hal kelima yang akan dinilai oleh orang-orang yang pertama kali berjumpa atau berkenalan adalah pakaian, dalam langam jawa kita kenal sebuah peribahasa “Ajining diri soko lathi, ajining rogo soko busono.” Artinya, harga diri seseorang dari lidahnya (omongannya), dan harga diri badan dari pakaian.” Pakaian merupakaan citraan seseorang, pakaian dapat menunjukan status keuangan, menunjukan umur dan menunjukan gaya hidup.

Itu tadi 5 hal yang pertama kali orang nilai ketika pertama kali bertemu, kalian bisa maksimalkan kelima hal tersebut agar menjadi orang menyenangkan yang dapat diterima dimanapun kalian berada.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image