Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image selviana samudera

Peranan Sosial Budaya dalam Pembangunan Negara

Politik | Friday, 24 Jun 2022, 12:38 WIB
Sumber Gambar : https://id.m.wikipedia.org

Sosial budaya merupakah hal yang merekat erat dengan masyarakat dan sangat berpengaruh dalam pembangunan. Sosial budaya menurut Edward Burnett Taylor (1871) adalah seluruh elemen masyarakat berupa adat istiadat, kesenian, kepercayaan, moral, pengetahuan, berpikir, kemampuan dan hukum yang diperoleh seseorang sebagai bagian dari masyarakat. Maka dari itu sebuah negara akan semakin maju pembangunanya jika mereka bisa sangat memperhatikan sosial budaya yang dipunya. Beberapa ahli juga berkata bahwa keberhasilan pembangunan suatu negara dapat diukur melalui bagaimana kualitas kehidupan masyarakatnya.

Pembangunan adalah suatu proses yang dilakukan untuk mengubah atau mengembangkan sesuatu hal ke arah dan keadaan yang lebih baik lagi agar dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat. Sosial budaya dan pembangunan saling berhubungan karena didalam sosial budaya itu terdapat masyarakat dan pembangunan itu sendiri ditujukan untuk kepentingan masyarakat. Indonesia terkenal akan banyaknya kebudayaan juga masih terus berusaha untuk meningkatkan serta melestarikan budaya yang ada. Banyaknya keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia tidak membuat negara kita menjadi terpecah belah malah membuat kita menjadi negara yang bersatu seperti yang terdapat dalam sila ke tiga Pancasila “Persatuan Indonesia”.

Pembangunan tidak hanya tentang meningkatkan bidang ekonomi saja tetapi juga termasuk dalam meningkatkan seluruh bidang kehidupan masyarakat, tentang bagaimana caranya agar dapat membuat hidup masyarakat menjadi sejahtera. Menciptakan sumber daya manusia yang baik adalah salah satu hal dapat dicapai aspek melalui sosial budaya ini. Pemerintah harus mulai lebih banyak memberikan perhatian lebih dalam hal ini. Melakukan pembangunan menyeluruh dengan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat terutama dalam bidang Pendidikan dan Kesehatan serta melakukannya secara merata termasuk ke pelosok pelosok yang sulit di jangkau. Pemerintah juga harus semakin giat dalam mengendalikan angka kelahiran karena semakin cepat laju pertumbuhan penduduk akan semakin banyak pula masalah sosial yang datang diantaranya krisis ekonomi akan menyebabkan bertambahnya pengangguran yang juga akan meningkatkan tindak kejahatan. .

Oleh karenanya pemerintah harus terus meningkatkan upaya dalam pembangunan sosial budaya. Memecahkan masalah masalah yang ada di kalangan masyarakat agar pembangunan di Indonesia juga dapat berjalan dengan baik. Negara yang sukses adalah negara yang dapat mensejahterakan masyarakatnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image