Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Priana Putra

Sambil Ngopi, Yuk Bangkitkan Mood Kerja dari Rumah

Gaya Hidup | Monday, 16 Aug 2021, 14:37 WIB

JAKARTA -- Sebelum pandemi Covid-19 terjadi, kebanyakan pekerja umumnya bekerja langsung di kantor. Ada pula para pekerja lepas (freelancer) yang memilih bekerja di co-working space atau kedai kopi karena memberikan kenyamanan, ketenangan dan tentunya juga kopi yang nikmat.

Namun, sekarang ini, banyak dari kita diharuskan bekerja di rumah. Kedai kopi yang biasanya jadi salah satu opsi tempat kerja ternyaman pun hanya memberlakukan sistem take away dan delivery saja. Lalu, bagaimana agar kita bisa tetap optimal dan produktif pada saat kerja di rumah?

Otten Coffee membagikan empat tips untuk mengoptimalkan momen ngopi saat bekerja di rumah sehingga kegiatan bekerja semakin membuat semangat:

1. Buat Atmosfer yang Menyenangkan Untuk Bekerja di Rumah

Jika kamu biasanya mulai bekerja pukul 9 pagi, maka kerja di rumah sebaiknya dimulai di jam yang sama. Ritual yang dilakukan sebelum kerja di rumah juga harus sama seperti yang kamu lakukan sebelum berangkat kantor, misal menyeduh kopi atau sarapan. Meminum kopi dapat menstimulasi semangat dan fokus di dalam diri kamu.

Jangan lupa untuk mandi dan sedikit berdandan supaya mood kerja semakin terasa. Selain itu, agar lebih konsentrasi dalam bekerja, kamu bisa membuat playlist yang menyenangkan dengan lagu-lagu yang biasa diputar di kedai kopi favoritmu.

2. Seduh Kopi dengan Beragam Cara

Agar suasananya tak membosankan dan mirip kedai kopi, kamu bisa menyeduh kopi yang berbeda-beda setiap hari. Jika kamu biasanya gemar membuat kopi dengan Vietnam Drip, kamu bisa sesekali menyeduh kopi tubruk supaya tidak bosan. Kamu bisa juga menstok dan membuat kopi dari beragam biji kopi khas Nusantara dari Otten Coffee, mulai dari Aceh Gayo, Bali Kintamani, hingga Papua Wamena.

Selain itu, kamu juga bisa bereksperimen dengan menambahkan susu ke kopi atau membuat kopi dingin jika kamu terbiasa mengonsumsi kopi panas. Eksplor beragam resep kopi di internet agar pengalaman ngopi dan kerja di rumah lebih berkesan.

"Kopi memiliki peranan penting sebagai teman dalam menyelesaikan pekerjaan," kata Robin Boe, Co Founder Otten Coffee, dalam keterangan pers, Jumat (13/8/2021)

3. Maksimalkan Ragam Ruangan di Rumah

Kamu punya ruangan kerja di rumah? Atau selama ini hanya kerja di kamar saja? Sesekali kamu bisa pindah ke ruangan lain seperti ruang makan atau ruang tamu agar tak bosan. Kamu juga bisa mendekorasi ruang kerja dan membeli berbagai perlengkapan lucu untuk menambah semangat bekerja. Jika kamu memiliki teras dan halaman belakang, kamu bisa pindah bekerja di tempat tersebut sambil menikmati semilir angin yang menenangkan dan kopi.

4. Pesan Kopi dari Kedai Kopi Favorit

Untuk mengobati kerinduan ngopi di kedai kopi favorit, kamu bisa memesan kopi favoritmu sesekali. Hal tersebut juga dapat membantu kedai kopi langgananmu agar tetap bisa bertahan di situasi ini. Selain itu, kamu juga dapat membantu driver ojek online jika kamu memesan kopi lewat platform pesan antar makanan. Di kondisi saat ini, tindakan baik sekecil apapun akan sangat berarti bagi orang di sekitarmu.

Itulah beberapa cara untuk mengoptimalkan ngopi di rumah supaya bekerja semakin optimal. Gimana, makin tertarik untuk mengkreasikan kopi saat kerja dari rumah?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image