Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Penyebab Pecahnya Pembuluh Darah yang Sering Terjadi

Eduaksi | Sunday, 17 Apr 2022, 14:06 WIB

Tahukah Anda, apa saja yang menjadi penyebab pembuluh darah pecah? Sebenarnya, hal itu banyak sekali penyebabnya. Hanya saja, sebagian orang memang belum begitu paham dan mengerti karena minimnya sosialisasi medis terhadap gangguan tersebut.

Pembuluh darah yang pecah di dalam tubuh manusia bisa jadi diakibatkan oleh beberapa hal, baik itu berasal dari faktor internal maupun eksternal.

1. Kecelakaan

Penyebab pembuluh darah pecah yang sangat sering terjadi di kalangan masyarakat luas yakni akibat kecelakaan. Mungkin saja saat tabrakan terjadi, di sana terdapat benturan-benturan keras pada bagian tubuh tertentu.

Nah, pada kebanyakan kasus, pecahnya pembuluh darah akibat kecelakaan tersebut tidak langsung terjadi saat di tempat kejadian perkara. Akan tetapi, setelah dirawat beberapa hari biasannya gangguan ini akan muncul dan mengakibatkan manusia tidak sadarkan diri.

BACA JUGA: akibat pembuluh darah pecah mengakibatkan hal fatal

2. Cedera Kepala

Pembuluh darah yang pecah biasanya juga disebabkan akibat adanya cedera di kepala baik itu karena benturan atau pukulan keras. Hal ini tentunya akan sangat berakibat fatal mengingat bagian tersebut merupakan pusat saraf manusia.

3. Bersin dan Batuk Terlalu Keras

Jangan pernah Anda menganggap sepele tentang aktivitas bersin dan batuk. Perlu diketahui bahwasannya kedua hal tersebut dapat mengakibatkan pemecahan pembuluh darah di sekitar mata jika dilakukan terlalu keras.

4. Mengalami Tekanan Darah Tinggi

Jika Anda mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka berhati-hatilah dan jangan biarkan itu terjadi sampai parah karena bisa menyebabkan pecahnya pembuluh arteri atau bahkan nadi jika memang tekanannya sangat kuat.

5. Mengidap Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes Militus yang sudah lama dan parah juga berpotensi menyebabkan pembuluh darah pecah. Jika sudah mengidap hal tersebut, maka diharapkan pasien harus sangat berhati-hati dan menghindari makanan-makanan tertentu.

6. Terdapat Gangguan Pembekuan Darah

Pembekuan darah di dalam tubuh manusia khusunya di otak memanglah sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian dini pada siapa saja. Hal tersebut juga menjadi pemicu utama pecahnya kapiler-kapiler di dalamnya.

BACA JUGA: jenis gangguan peredaran darah

7. Terlalu Sering Minum Obat Pengencer Darah

Mengonsumsi obat pengencer darah terlalu sering juga tidak baik akibatnya pada kesehatan tubuh Anda. Jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus, maka akan menyebabkan kejadian fatal yakni pemecahan pembuluh darah.

Itulah informasi mengenai macam-macam penyebab pembuluh darah pecah yang dapat disampaikan dalam artikel kali ini. Semoga hal tersebut bermanfaat bagi Anda para pembaca.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image