Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Jenis-jenis Gangguan Peredaran Darah yang Harus Diketahui

Eduaksi | Sunday, 17 Apr 2022, 09:14 WIB

Dewasa ini banyak sekali gangguan peredaran darah yang dapat menyerang tubuh manusia. Hal tersebut disebabkan akibat pola hidup tidak sehat serta terlalu lelah dalam bekerja. Maka dari itu, Anda pun harus bisa mengatasinya dengan berbagai usaha melalui terapi alat medis.

Jenis-jenis Gangguan Peredaran Darah

Anda wajib untuk mengenali satu-persatu jenis gangguan peredaran darah pada diri manusia beserta penyebab dan cara mengatasinya. Hal tersebut berfungsi agar pribadi masing-masing bisa berhati-hati dalam menjaga kesehatannya. Berikut ulasannya:

1. Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit tekanan darah tinggi. Ciri-cirinya adalah penderitanya cenderung merasa pusing dan sakit kepala berhari-hari. Biasanya, hal ini disebabkan akibat terlalu banyak mengonsumsi garam, kurang olahraga, faktor keturunan dan juga obesitas.

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi tersebut, maka Anda bisa mengonsumsi banyak buah semangka, melakukan olah raga secara teratur agar kinerja jantung berada dalam performa terbaik, serta terapi kesehatan seperti dr laser.

BACA JUGA: Makanan penyebab darah tinggi

2. Anemia

Kebalikan dari hipertensi, anemia merupakan penyakit tekanan darah rendah. Gejalanya yakni tubuh mudah lelah, sering mengantuk, tulang nyeri dan terlihat pucat di wajah. Hal tersebut terjadi akibat kurangnya zat besi serta gangguan di dalam sumsum tulang belakang.

Anda juga perlu mengonsumsi banyak makanan yang mengandung zat besi, serta melakukan tranfusi darah jika keadaan sudah parah.

3. Leukimia

Leukimia merupakan penyakit kanker darah yang disebabkan oleh kelebihan eritrosit atau sel darah putih dalam tubuh manuasia. Gejala awalnya yakni pasien akan merasa nyeri di seluruh tulang, kulit mudah lecet jika terkena sesuatu dan berat badan semakin berkurang.

4. Wasir

Wasir adalah sebuah penyakit penyakit pelebaran pembuluh darah yang menyerang anus manusia. Penyebabnya bisa jadi karena penderitanya terlalu lama duduk sehingga anusnya tidak kuat dan terjadilah pembengkakan di sana.

5. Varises

Mungkin penyakit yang satu ini masih terdengar asing di telinga Anda. Varises merupakan gangguan pelabaran pembuluh darah pada tubuh manusia dan biasanya hal tersebut paling banyak terjadi di kaki. Penyebabnya adalah seringnya menekuk alat gerak setelah berolahraga maupun melahirkan.

6. Hemofilia

Hemofilia merupakan penyakit darah sukar membeku. Itu berarti bahwa ketika Anda mengalami luka, maka tidak akan cepat kering dan sembuh. Penyebabnya bermacam-macam yakni akibat keturunan maupun pola hidup tidak sehat.

7. Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan merupakan kelainan peredaran darah pada manusia yang sudah terjadi sejak masing-masing individu lahir ke dunia. Hal ini sangat sulit disembuhkan dan hanya bisa dirawat sebaik mungkin melalui beberapa cara.

Demikianlah pembahasan mengenai gangguan peredaran darah beserta penyebab dan cara mengatasinya. Semoga hal tersebut bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image