Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Akibat Pembuluh Darah Pecah yang Mengakibatkan Hal Fatal

Eduaksi | Sunday, 17 Apr 2022, 07:50 WIB

Mungkin hingga kini masih banyak yang menganggap sepele tentang akibat pembuluh darah pecah. Padahal hal tersebut sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian mendadak, jika tidak segera ditangani dengan serius oleh para petugas medis.

Berbagai Macam Akibat Pembuluh Darah Pecah

Akibat pembuluh darah pecah memang sangat beragam. Hal tersebut dapat menyebabkan penyakit ringan hingga kritis. Maka dari itu, setiap individu harus memahami setiap jenisnya agar bisa melakukan tindakan tepat ketika kejadian tersebut sedang berlangsung. Berikut ulasannya:

1. Perdarahan Otak

Akibat pertama yang ditimbulkan dari pecahnya pembuluh darah yakni perdarahan di otak. Hal tersebut dapat terjadi apabaila kepala manusia mengalami benturan hebat. Jika tidak ditangani dengan serius, lama-kelamaan dapat menyebabkan sel-sel saraf di dalamnya mati.

2. Stroke

Perlu Anda ketahui bahwasannya penyakit stroke diakibatkan oleh membekunya darah yang berada di otak, karena di sana telah terjadi pendarahan sebelumnya. Hal tersebut selanjutnya akan mengakibatkan saraf dalam tubuh manusia mati secara perlahan-lahan.

Saat mengidap penyakit stroke ini, pasien biasannya akan sulit untuk menggerakkan bagian-bagian tubuh mereka seperti kaki, tangan dan mulut.

BACA JUGA: Cara memasak makanan untuk penderita stroke

3. Lumpuh

Beberapa kasus kelumpuhan yang terjadi pasien juga disebabkan oleh adanya pemecahan pembuluh darah hebat yang sulit diatasi. Hal tersebut kemudian akan menjalar ke seluruh tubuh manusia dan pada akhirnya menyumbat bagian-bagian tertentu sehingga organ gerak menjadi lumpuh.

Kelumpuhan akibat pecahnya pembuluh darah tersebut tidak bisa ditangani dengan cara operasi medis.

4. Tidak Sadarkan Diri

Kebanyakan orang yang pembuluh darahnya pecah akan tiba-tiba menagalami koma atau tidak sadarkan diri selama berhari-hari dan bahkan bisa sampai hitungan bulan. Kejadian ini sudah lumrah terjadi dan sangat sulit disembuhkan.

5. Mata Mengalami Kebutaan

Jika pembuluh darah pada mata Anda pecah, maka kemungkinan besar akibat yang ditimbulkan yakni terjadinya kebutaan. Hal tersebut telah terjaadi pada berbagai macam kasus serupa di Indonesia dan memang penanganannya lumayan sulit.

6. Tumor Otak

Pembuluh darah yang pecah di otak selain mengakibatkan perdarahan dan juga stroke, hal tersebut juga bisa menimbulkan gundukan tumor di sana. Kejadian ini terjadi akibat tertinggalnya sisa-sisa darah kotor.

BACA JUGA: Menu makan untuk penderita darah tinggi

7. Penyakit Hati

Mungkin Anda pernah merasakan nyeri pada ulu hati atau gangguan lain yang terjadi pada daerah tersebut. Jika iya, maka telusurilah apakah dahulu kala pernah terdapat pemecahan pembuluh darah di dalam tubuh karena mungkin itu salah satu akibatnya.

Demikianlah ulasan gamblang mengenai akibat pembuluh darah pecah yang dapat disampaikan dalam ulasan kali ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Sumber: Dr Laser

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image