Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Menu Makan untuk Penderita Darah Tinggi Paling Disarankan

Eduaksi | Sunday, 17 Apr 2022, 05:08 WIB

Hipertensi merupakan salah satu kondisi kesehatan yang bisa berakibat fatal apabila tidak diperhatikan dengan baik. Oleh karena itu, sebagai salah satu wujud pola hidup sehat, orang-orang beresiko harus mengatur secara khusus menu makan untuk penderita darah tinggi.

Daftar Rekomendasi Menu Makan Untuk Penderita Darah Tinggi

Untuk menjaga kesehatan diri, maka seseorang harus selalu berusaha mengikuti pola hidup sehat dengan gizi berimbang. Berikut adalah beberapa rekomendasi menu makanan bagi orang-orang yang memiiki riwayat darah tinggi:

1. Susu Bebas Lemak

Susu skim atau bebas lemak, merupakan minuman yang dibuat dengan cara menghilangkan sebagian kandungan air dan lipid. Jadi, didalamnya hanya tersisa kalsium, vitamin D, serta nutrisi untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Guna mengurangi resiko hipertensi, maka konsumsilah segelas susu skim setiap hari.

2. Kentang Panging

Makanan satu ini menjadi salah satu rekomendasi menu bagi para penderita hipertensi. Sebab, kuliner tersebut mengandung banyak potassium dan magnesium. Dua nutrisi itu adalah bagian penting dari diet DASH untuk menghentikan darah tinggi.

Potassium dipercaya mampu membuang sodium berlebih. Sedangkan magnesium bisa membantu melancarkan peredaran darah.

3. Sayuran brokoli

Sayuran brokoli merupakan salah satu bahan yang sangat baik bagi tubuh. Ia mengandung banyak mineral nutrisi seperti kalsium, kalium, dan magnesium untuk membantu menurunkan tekanan darah bagi para penderita hipertensi.

Selain mengkonsumsi brokoli, pakailah juga jam dr laser yang dipercaya mampu membantu memperlancar tekanan darah dan menurunkan resiko dari hipertensi.

BACA JUGA: Makanan penyebab darah tinggi

4. Putih Telur

Bagian putih telur ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan tekan darah. Selain itu, beberapa kandungan di dalamnya seperti vitamin D, protein dan nutrisi juga mempunyai cukup banyak efek terhadap lancarnya sistem peredaran darah di dalam tubuh.

5. Jus Buah Bit

Bit merupakan buah yang mengandung nutrisi berupa nitrat. Zat tersebut sangat berguna bagi kelancaran peredaran darah manusia. Konsumsi rutin dari minuman ini, dipercaya dapat menurunkan tekanan sekitar 10 mmHg.

6. Buah Pisang

Makanan satu ini merupakan salah satu buah yang cukup terkenal dan banyak digunakan sebagai obat hipertensi. Pengobatan terhadap penyakit darah tinggi tersebut disebabkan karena kandungan kalium didalamnya.

Kalium dalam pisang mampu menurunkan kandungan sodium dalam darah

BACA JUGA: Makanan yang harus dihindari penderita darah kental

7. Cokelat Hitam

Rekomendasi makanan yang cocok bagi penderita hipertensi selanjutnya ialah, cokelat hitam. Kuliner dari kokoa ini sangat kaya akan zat antioksidan bernama flavanols. Senyawa tersebut mampu membuat pembuluh darah semakin elastis, sehingga proses peredaran menjadi lebih lancar.

Itu dia beberapa rekomendasi menu makan untuk penderita darah tinggi untuk mengurangi resiko hipertensi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image