Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luita Yusniawati

PPSDM Migas Berikan Pelatihan Pemboran Tingkat Ahli Pengendali Bor untuk Pekerja PDSI

Info Terkini | Wednesday, 06 Apr 2022, 10:46 WIB

Pusat Pengembangan dan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) dan PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) bekerja sama mengadakan pelatihan dan sertifikasi untuk Pemboran Tingkat Ahli Pengendali Bor pada Senin (28/03/22).

Seperti diketahui bahwa pemboran adalah membuat lubang dibawah permukaan bumi sampai pada kedalaman target yang mengandung hidrokarbon. Suatu operasi pemboran diperlukan peralatan dan operator yang mampu untuk mengoperasikan dan mengendalikan permasalah-permasalan pada saat melakukan pemboran.

Resiko pada saat melakukan pemboran apabila seorang juru bor dalam mengoperasikan dan menangani permasalahan pemboran kurang menguasai akan berpengaruh terhadap kelancaran dan keberhasilan operasi pemboran, untuk itu diperlukan seorang ahli untuk menangani dalam mengatasi permasalahan selama melakukan pemboran.

Syamsul Hadi Alam, pengajar pada pelatihan ini menjelaskan bahwa Seorang ahli pengendali pemboran semestinya memiliki kompetensi yang dapat dibuktikan secara teknik dan keterampilan dalam menguasai permasalah pemboran yang terjadi dilapangan.

“Untuk mengetahui kompetensi seorang Ahli Pengendali Bor harus dilakukan uji sertifikasi yang diselenggarakan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah dan diberikan Sertifikat Kompetensi sebagai Ahli Pengendali Bor. Untuk itu sebelum mengikuti sertifikasi, peserta mengikuti pelatihan dengan tujuan memberi Pengetahuan secara Teori dan Praktek kepada peserta pelatihan dalam operasi workover completion, terutama berkaitan dengan usaha-usaha pencegahan terjadinya semburan liar (blow out) dan untuk persiapan sertifikasi Ahli Pengendali Pemboran,” ungkap Syamsul ketika dihubungi melalui pesan singkat pada (06/04/22).

Pelatihan dan sertifikasi Ahli Pengendali Bor/Juru Bor ini mempunyai materi Drilling Rig System, Drilling Fluids and Hydraulic, Well Control practice (Simulation), Cementing, Casing design & Directional Drilling dan Well Control & Well Control Equipment yang diberikan selama dua hari pelatihan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image