Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kamaruddin

Dahlan Naik Mobil Listrik Mahasiswa FT USK yang akan Tampil di Kontes Internasional

Gaya Hidup | Saturday, 02 Apr 2022, 12:29 WIB
Ketua DPR Aceh periode 2019-2022 Dahlan Jamaluddin mengunjungi Laboratorium Dasar Manufaktur Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin dan Industri USK, Rabu (30/3/2022). (Foto/Ist).

Banda Aceh - Ketua DPR Aceh periode 2019-2022, Dahlan Jamaluddin, berkesempatan menaiki mobil listrik buatan mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Syiah Kuala (USK) yang akan diikutsertakan dalam ajang kompetisi mobil listrik di Malaysia dan Singapura.

Dahlan menaiki mobil listrik itu saat melakukan kunjungan ke Laboratorium Dasar Manufaktur Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin dan Industri USK, Rabu 30 Maret 2022.

Dalam kunjungan ini civitas akademika Fakultas Teknik Mesin USK menampilkan beberapa inovasi pengembangan teknologi di bidang robot terbang dan mobil listrik.

Seulawah Team (tim robot terbang) menampilkan inovasi dalam bidang aviasi, yaitu Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Fixed Wing, UAV Racing Plane, dan UAV Vertical Take-Off Landing (VTOL), sedangkan tim Malem Diwa Team, menampilkan inovasi pengembangan electric vehicle (mobil listrik).

"Bentuk mobil listrik yang ditampilkan cukup menarik. Luar biasa dan nyaman nyetirnya," tutur Dahlan saat mencoba mengendarai mobil listrik karya Seulawah Team.

Dahlan mengapresiasi dan kagum dengan karya tersebut. Dahlan berpesan, untuk terus berkarya dengan hasil inovasi ke depan yang dapat berkontribusi bagi daerah dan negara.

"Tugas kami sebagai wakil rakyat di parlemen adalah merawat harapan akan masa depan Aceh yang lebih baik. Generasi Aceh ada di tangan anak-anak muda," tutur Dahlan.

Ketua Seulawah Team, Ryan Afriansyah, mengatakan pesawat nirawak itu berfungsi pada misi-misi khusus, seperti pertolongan dan pertahanan darurat yang memerlukan wahana terbang berkemampuan terbang cepat untuk mencapai lokasi, pengontrol kekayaan alam, dan batas wilayah.

Kelebihan VTOL yang paling menonjol adalah manuver dan navigasi yang memudahkan kita dalam mobilisasi pemetaan bahkan untuk drop barang.

"Salah satu fungsi VTOL adalah untuk drop barang di tempat yang susah untuk dijangkau manusia, misalnya seperti di tengah hutan yang aksesnya sulit," ujar Ryan yang juga mahasiswa Fakultas Teknik Mesin USK.

Selain itu, kata Ryan, juga berfungsi untuk pemetaan wilayah, sehingga tidak perlu lagi bingung dalam batasan wilayah. Cukup memakai wahan VTOL ataupun Fixed Wing.

Hadir dalam kunjungan tersebut Dekan Fakultas Teknik, Prof. Alfiansyah Yulianur, Ketua Laboratorium Dasar Manufaktur Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin dan Industri, Muhammad Tadjuddin, Ketua Pusat Pengembangan Inovasi dan Hilirisasi USK, M. Dirhamsyah, dan sejumlah dosen serta mahasiswa ikut mendamping Dahlan Jamaluddin dalam kunjungan ke laboratorium.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image