Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sandi Bagus

Tips Selama Puasa Agar Tetap Bugar

Gaya Hidup | Thursday, 31 Mar 2022, 12:00 WIB

Tidak terasa ya puasa di tahun 2022 sudah tinggal menghitung hari. Kemarin saya menulis sesuatu yang berjudul "Cara Kenyang Lebih Lama Saat Puasa", ternyata selama 1 hari viewsnya tembus 400 views. Oke saya coba berasumsi bahwa tips atau lifehack semacam ini sangat dicari.

Kali ini saya coba menuliskan tips yang bisa kamu coba selama puasa agar tetap bugar. Seperti pada artikel retizen yang lain dengan judul "Membudayakan Semangat Hidup Sehat", saya terinspirasi oleh mas Ade Setiawan untuk tetap semangat melakukan hidup sehat.

Beliau menceritakan kegiatan selama masa pandemi dengan nenek dengan tahun kelahiran 1944 yang juga semangat melakukan jalan sehat di pagi hari bersama empat anaknya. Setiap pagi atau sore hari rutin melakukan kegiatan kecil untuk tetap bugar.

Ilustrasi selamat menjalankan ibadah puasa, via pexels

Semua hal yang dilakukan mas Ade telah di bahas juga oleh ggl.life dengan judul "5 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh". Apa itu metabolisme ? Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa.

"metabolisme tubuhlah yang mengubah apa yang kita makan dan minum menjadi energi yang bisa kita gunakan sehari-hari." - ggl.life

Jadi kalo kita merasa memiliki energi untuk beraktivitas, metabolisme tubuhlah yang menjadikan makanan dan minuman kita menjadi energi. Sebenarnya sih faktor genetik dan usia juga sebuah tantangan berat dan tidak bisa di rubah, namun kita tetap dapat meningkatkan metabolisme dengan beberapa cara seperti :

1. Tetap Aktif, bergerak aktif melakukan kegiatan dan berolahraga. Karena olahraga sebenarnya merubah lemak menjadi massa otot. Kalau cuman makan lalu pasif, badan cenderung lebih lemas. Namun dengan porsi yang menyesuaikan.

2. Makan banyak protein, seperti artikel saya sebelumnya yang berjudul "Cara Kenyang Lebih Lama", makan banyak protein akan meningkatkan hormon GLP-1 yang membuat kita merasa lebih kenyang dan juga mengurangi hormon lapar sekaligus. Asik yak ?

3. Tidur yang cukup. Menurut ggl.life, kurang tidur tidak cuma buruk bagi kesehatan. Tapi juga mengurangi banyak kalori dan memperlambat laju metabolisme loh. Kamu akan merasa mudah lapar.

Jadi mungkin ada banyak cara di internet yang tertulis. Namun 3 hal diatas boleh dicoba dengan mengambil dasar diet sehat dan tetap menjaga metabolisme agar tidak mudah lelah.

Ada tips terbaru dari kamu ? Coba komentar dengan menulis artikel di retizen.id. Semoga bermanfaat dan Selamat menjalankan ibadah puasa.

Sumber :

https://ggl.life/blog/5-cara-meningkatkan-metabolisme-tubuh

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image