Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Setiawan

Membudayakan Semangat Hidup Sehat

Gaya Hidup | Monday, 21 Jun 2021, 21:27 WIB

Kesehatan merupakan suatu yang sangat berharga, tidak hanya secara fisik, melainkan juga sehat secara spiritual. Hal itu karena kesehatan sangat berpengaruh terhadap kualitas kehidupan manusia. Makin sehat seseorang, makin berkualitas pula hidupnya.

Momen saat jalan-jalan pagi bersama Eyang Putri di Kolelet Turus Desa Pasirtangkil Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak Provinsi Banten (Ade Setiawan 20/06/2021)***

Kolelet Turus adalah sebuah kampung di Desa Pasirtangkil tempat dimana kami tinggal. Setiap pagi sekitar pukul 06.00 atau lebih, Saya Ade Setiawan beserta keempat putra yakni Salman AW, Fathir AS, Akbar AS dan si bungsu AS Junior kerap berolah raga dengan berjalan kaki menyusuri jalan kampung.

Kebiasaan ini setidaknya telah kami jalani secara rutin (jika tidak ada hujan/kegiatan lain) sejak terjadi Pandemi Covid-19. Selain berjalan-jalan pagi, kami juga terkadang melakukan aktifitas fisik bersepeda bersama, kadang pagi-pagi dan kadang juga sore hari. (jika pagi berhalangan).

Semangat hidup sehat menjadi alasan saya dan keluarga membudayakan olah raga setiap hari. Terlebih saat Pandemi Covid-19, saat waktu belajar dilakukan secara daring dari rumah, sehingga praktis membuat anak-anak harus berlama-lama di rumah saja.

Seiring dengan kedatangan Eyang (neneknya anak-anak) yang sudah sepekan lebih berkunjung ke rumah kami, kebiasaan jalan-jalan pagi tetap kami lakukan. Suatu waktu Minggu (20/06/2021) kami ajak Eyang berjalan-jalan menyusuri jalan kampung. Tentu saja karena sudah sepuh Eyang (Lahir, 1944) menggunakan kursi roda.

Jalan-jalan pagi ditemani Eyang dengan berkursi roda merupakan momen kenangan yang spesial bagi saya dan keluarga. Ini mengingatkan masa-masa terbaik saya diasuh orang tua ketika menjadi anak-anak kala itu. Beruntung saya memiliki orang tua masih hidup dan diberi kesempatan merawat di masa tuanya, gumam saya dalam hati.

Yang menakjudkan bagi saya tentu apa yang dilakukan anak-anak saya ketika mendorong kursi roda Eyangnya. Momen para cucu mendorong kursi roda Eyang bersama-sama sambil menikmati mentari pagi dan udara sejuk, segar merupakan momen kecil yang membahagiakan tiada tara.

Diusianya yang tidak lagi muda, Eyang masih tetap bersemangat untuk tetap hidup sehat. Semangat hidup sehat yang patut ditiru oleh siapapun yang ingin tetap sehat. Tidak hanya sehat fisik, namun lebih dari itu yang tidak kalah pentingnya adalah sehat secara spiritual yakni mental yang sehat, ketenangan hati dan pikiran, bersihnya hati dari penyakit hati seperti iri, dengki dan sombong serta mempraktekan nilai spiritual keagamaan dalam kehidupan sehari-hari

Budaya semangat hidup sehat inilah yang diharapkan diturunkan kepada anak-anak dan cucu-cucu Eyang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image