Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Supadilah

Dua Hal Penting Dalam Merawat Motor. Ini Rutin Harus Dilakukan

Eduaksi | Saturday, 26 Mar 2022, 10:51 WIB
Merawat Mesin Motor (Sumber foto: Aset Canva)

Saat punya sesuatu kita harus merawatnya agar awet kita miliki. Termasuk motor. Apalagi motor itu kan kita pakai setiap hari. Saat dipakai motor ibaratnya diajak bekerja. Maka dia pasti mengeluarkan tenaga yang bakal membuat pengaruh bagian-bagian motor. Baik itu mesin, spare part, dan lainnya.

Nah, agar motor awet dan bakal lama dipakainya ada beberapa perawatan yang penting dilakukan.

Pertama, mencuci motor

Tentu kita ingin motor kita selalu bersih. Karena itu, jangan ragu untuk mencuci motor. Bisa nmencuci sendiri maupun di tempat cucian motor atau steam. Nggak mahal kok. Hanya dengan merogoh kocek Rp. 10 ribu – 20 ribu bisa untuk membuat kinclong kembali motor kita.

Kapan sebaiknya kita mencuci motor?

Bisa jadi 2 pekan sekali atau 1 bulan sekali. Namun tergantung kondisi motor. Kalau memang motor sudah kotor sebaiknya segera dicuci jika kondisinya sudah kotor. Hal ini bisa menghindarkan motor dari karat juga. Ya, kalau terlalu lama kotor bisa membuat bagian-bagian besi dari motor akan segera berkarat.

Kedua, ganti oli motor

Oli motor harus diganti secara rutin agar kondisi mesin tetap prima. Kapan sebaiknya mengganti oli motor? Sebaiknya kita mengganti oli motor kalau sudah menempuh jarak 2000 km. Nah, sebaiknya Anda jeli dengan jarak tempuh motor Anda.

Dan yang tidak kalah penting adalah menggunakan oli motor terbaik yang akan membuat mesin motor Anda awet dan tahan lama.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image