11 Oli Motor Matic Terbaik di Dunia

Image
Bai RUindra
Teknologi | Sunday, 20 Mar 2022, 10:31 WIB

Motor matic hadir sebagai sebuah perubahan besar dalam industri otomotif. Di mana, motor tanpa gigi ini mampu mengubah gaya hidup pengguna; dari yang tidak terbiasa menjadi pengendara sampai mahir.

Pentingnya Oli Motor Matic

Permintaan motor matic makin meningkat dari hari ke hari. Dalam sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, anak laki-laki, dan anak perempuan, sudah beralih ke motor matic agar semua anggota keluarga dapat mengendarai kendaraan sendirinya.

Di satu sisi sangat memudahkan karena saat ibu ke pasar beli sayur, tidak perlu diantar lagi oleh ayah. Saat anak perempuan ke rumah temannya, tidak usah merepotkan kakak laki-lakinya. Demikian panorama yang kita lihat saat ini, sangat banyak motor matic dibanding motor konvensional.

Tahukah kamu jika motor matic sangat bergantung kepada oli? Oli motor matic (https://123dok.com/document/qm80jm5z-kajian-pustaka-sepeda-motor-pengertian-sepeda-kusuma-nugraha.html) sama sekali tidak boleh kering atau kotor, bahkan kental. Hal ini akan berpengaruh terhadap komponen yang ada di mesin.

Oli yang berubah warna, kotor dan kental ini menyebabkan komponen rusak, kendaraan menjadi lebih bising dan tarikannya terasa berat. Maka dianjurkan untuk segera ganti oli ke oli motor matic terbaik yang sudah tersedia di pasar Indonesia.

Oli motor matic lain lain sebagai pelumas komponen yang akan menurunkan temperatur mesin lebih sempurna. Oli motor akan mencegah overhead sehingga mesin lebih optimal dalam bekerja.

Oli motor matic biasanya dibuat menggunakan aditif dan base oil, yang berperan sebagai pembersih sisa pembakaran dan pelumas komponen mesin. Untuk itu, apa saja oli motor matic terbaik di Indonesia?

Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

1. Top 1 Action Matic

Top 1 Action Matic adalah oli dari California. Pada awalnya oli ini khusus untuk merek Honda dan Yamaha. Namun pada kondisi di lapangan disesuaikan dengan kebutuhan dan performa mesin. Harga oli Top 1 Action Matic antara Rp35 ribu sampai Rp52 ribu, dan sangat terkenal di awal munculnya motor matic.

Teknologi smooth riding additive adalah teknologi yang digunakan oleh Top 1 Action Matic. Kadar sintetik yang tinggi juga membuat kendaraan lebih halus suaranya dan nyaman digunakan.

Top 1 Action Matic tersedia dalam ukuran 800ml sampai 1 liter dengan viskositas SAE 10W-30, 10W-40 dan 20W-40. Jadi harus disesuaikan dengan tipe kendaraan kamu ya.

Kamu pengguna kendaraan Yamaha NMAX, Yamaha Lexi, Yamaha Aerox, Yamaha Mio series, pilihan yang tepat adalah oli motor matic Top 1 tipe 10W-40.

Bagi pengguna Honda Beat, Vario series, Scoopy, dan PCX sangat disarankan untuk menggunakan oli Top 1 10W-30.

2. Castrol Active Matic

Castrol Active Matic adalah oli motor matic terbaik dari British Petroleum, Inggris. Meskipun harganya cukup tinggi yaitu Rp50 ribu tetapi kualitasnya bisa diandalkan dengan baik.

Oli motor matic terbaik Castrol Active Matic sudah memiliki standar API SN. Bahan baku dari oli ini adalah bahan dasar semi sintetik dengan kekentalan oli yang baik. SAE oli Castrol Active Matic adalah 10W-30 dan 20W-40 dengan kapasitas 1 liter.

3. Motul Scooter LE 10W 30

Kalau bicara oli motor matic terbaik yang sangat populer di kalangan pembalap internasional maupun nasional jawabannya adalah Motul Scooter LE 10W-30. Oli ini sendiri hadir dengan ukuran 0,8 liter.

Motul Scooter LE 10W-30 menjadi oli yang direkomendasikan untuk motor matic yang sudah lama maupun yang baru. Dengan demikian kualitasnnya masih mumpuni dalam menjaga komponen mesin motor matic.

4. Shell Advance AX7 Matic

Shell Advance AX7 Matic atau Royal Dutch Shell adalah oli motor matic dari Belanda, dengan bahan dasar semi sintetik.

Oli motor matic Shell Advance AX7 Matic sudah mendapatkan standar dari API-SM yang membuatnya lebih baik dengan pilihan 0,8 liter atau 1 liter. Untuk harga adalah Rp55 ribu untuk mendapatkan oli Shell Advance AX7 Matic.

5. Suzuki Genuine Oil SGO

Sesuai namanya, Suzuki Genuine Oil SGO adalah oli motor matic yang sangat direkomendasikan untuk motor Suzuki. Dengan harga Rp45 ribu Suzuki Genuine Oil SGO dibekali viskositas 10W-40 API SL.

Oli motor matic ini sudah memiliki standar JASO MB dengan kapasitas 0,8 liter. Oli ini disarankan untuk motor matic dengan kopling kering salah satunya merek Suzuki.

Suzuki Genuine Oil SGO pada penggunaannya dapat mencegah pengendapan di komponen mesin, dan juga mencegah korosi atau oksidasi mesin yang membuatnya tetap bagus dalam waktu lama.

6. Federal Matic 30

Federal Matic 30 adalah oli motor matic yang dijual dengan harga Rp35 ribu dan tergolong murah di pasaran. Oli motor matic ini dapat meningkatkan ketahanan dan akselerasi mesin motor matic.

Bahan baku oli ini adalah active coly yang dipercaya dalam melindungi gesekan antar komponen mesin. Dengan standar JASO MP, oli ini hadir dengan viskositas 10W-30 dengan ukuran 800ML. Honda Varioa adalah salah satu motor matic yang cocok dengan oli ini.

7. Repsol Moto 4T 10W 30 Matic

Repsol Moto 4T 10W 30 Matic adalah salah satu oli motor matic yang bertenaga dan tahan lama. Dengan harga yang murah yaitu Rp35 ribu sampai Rp40 ribu saja, oli ini bisa digunakan oleh motor matic Yamaha, Suzuki dan juga Honda.

Oli motor matic ini memiliki standar API SJ dan JASO MB dengan viskositas 10W-30. Bagi kamu yang mau tarikan lebih kencang, dan suka balapan oli ini mungkin dianjurkan. Tetapi, jangan sering balap-balap ya karena tidak baik kalau bukan seorang profesional.

8. Yamalube Super Matic

Kalau ditanya oli apa yang cocok untuk motor matic Yamaha, jawaban adalah Oli Yamalube Super Matic.

Oli motor matic ini mampu mengubah temperatur mesin tetap stabil dan dingin. Dengan begitu, performa mesin akan lebih optimal sesuai yang diinginkan.

Oli Yamalube Super Matic sudah memiliki standar API SL dengan viskositas 10W-40 dan ukuran produk yang dijual adalah 1 liter. Kamu dapat memiliki oli ini dengan harga Rp54 ribuan saja.

9. AHM SPX2

Oli AHM SPX2 cukup terkenal terutama bagi kami pengguna motor matic Honda. Rata-rata dealer Honda menggunakan AHM SPX2 sebagai oli terbaik motor matic mereka.

Oli motor matic ini sudah memiliki standar JASO MP dan API SL dengan viskositas 10W-30. Kamu dapat membeli produk ini dengan harga Rp44 ribu untuk ukuran 800ML.

Motor matic Honda memang menggunakan AHM SPX2 jadi sangat disarankan untuk menggunakan oli ini agar motor lebih awet. Oli ini mampu menjadi pelumas terbaik untuk motor matic Honda, namun merek sepeda motor matic lain bukan berarti tidak boleh menggunakan oli ini. Sah-sah saja asalkan mampu menjaga performa mesin lebih baik.

10. BM1 PC 1500 Matic

Kamu ingin transmisi mesin motor matic lebih mulus dan stabil saat menempuh jarak jauh? BM1 PC 1500 Matic adalah jawabannya. Oli ini akan melindungi mesin secara total sebagai pelumas dan pelindung yang kuat.

Dengan harga Rp61 ribu sampai Rp95 ribu, BM1 PC 1500 Matic sudah memiliki standar JASO MB dan API SL dengan viskositas 10W-30. Oli ini dapat digunakan untuk semua jenis motor matic baik itu Honda, Yamaha, maupun Suzuki.

11. X-TEN

Terakhir adalah oli motor matic terbaik X-TEN yang mendapat rekomendasi karena terbuat dari bahan baku ester. Sebagai informasi, ester ini adalah bahan baku terbaik untuk oli saat ini baik sebagai pelumas maupun pelindung. Ester juga membuat oli bertahan lebih lama.

Oli X-TEN sendiri mampu bertahan sampai 5.000KM jarak tempuh atau 2-3 bulan, tanpa bau, kotor maupun kental. Harga oli ini antara Rp45 ribu sampai dengan Rp125 ribu. Kamu bisa mengetahui lebih lengkap mengenai oli X-TEN ini di rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia saat ini.

Nah, itulah 11 oli motor matic terbaik yang bisa menjadi rekomendasi untuk pengguna motor matic. Jangan pernah menunda mengganti oli motor matic karena oli adalah bagian paling utama sebuah motor matic.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Blogger, Teacher, Pemenang Writingthon Asian Games 2018 oleh Kominfo dan Bitread Publishing, bairuindra.com, bairuindra@gmail.com

Ganti Oli Yuk Sebelum Mudik Lebaran

Waktu Ganti Oli Motor Matic

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image