Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Priyasa Hevi Etikawan

Dua Anggota Pramuka Siaga SDN 02 Pakembaran Dilantik Jadi Pramuka Garuda

Pendidikan dan Literasi | 2024-09-15 11:01:10
Foto pelantikan dua orang anggota Pramuka Siaga Garuda Gudep SDN 02 Pakembaran bersama ibu kepala sekolah | Sumber : Dokumentasi Humas.

Gugus Depan SDN 02 Pakembaran Kabupaten Pemalang berhasil membawa 2 anggotanya menjadi pramuka siaga garuda. Pramuka garuda adalah gelar atau penghargaan tertinggi yang bisa diraih oleh seorang pramuka pada setiap golongan (Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega). Gelar ini diberikan sebagai tanda pengakuan atas prestasi dan dedikasi seorang pramuka yang telah memenuhi semua syarat kecakapan dan menunjukkan sikap teladan dalam gerakan pramuka.

Dua anggota pramuka siaga yang dimaksud adalah Bilqis Asifatun Azzahra dan Muhamad Zidan Arizki. Keduanya merupakan siswa kelas 4 SDN 02 Pakembaran. Bilqis dan Rizki –demikian sapaan akrabnya- merupakan anak-anak yang cerdas dan enerjik. Kedua siswa ini sering mengikuti berbagai macam kegiatan kepramukaan. Beberapa bulan yang lalu Rizki bersama dengan barung putra SDN 02 Pakembaran berhasil meraih juara tiga dalam kegiatan pesta siaga Kwarran Warungpring. Keberhasilan itu berlanjut dalam kegiatan jambore ranting Kwarran Warungpring tahun 2024 dimana regu putri dari SDN 02 Pakembaran berhasil meraih predikat tergiat 3 sementara regu putra berhasil meraih predikat harapan 2.

Foto bersama jajaran pengurus gerakan pramuka Kwartir Ranting Warungpring dan Kwartir Cabang Pemalang | Sumber : Dokumentasi Humas.

“Bilqis dan Arizki memang aktif dan berprestasi dalam kegiatan kepramukaan. Keduanya biasa mengikuti kegiatan kepramukaan di tingkat gugus depan maupun kwartir ranting. Terlihat rasa percaya diri dan jiwa mandiri yang besar dari ananda berdua. Alhamdulillah ananda berdua berhasil mengikuti seleksi pramuka garuda yang diselenggarakan oleh Kwarcab Pemalang. Ananda berdua lolos dan hari ini (14/09/2024) dilantik langsung oleh Ka.Kwarcab Pemalang”. Jelas Siti Fatimah, S.Pd.SD Ka.Mabigus sekaligus kepala SDN 02 Pakembaran.

Sebagaimana diketahui Sabtu, 14 September 2024 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Pemalang melantik 34 orang pramuka siaga garuda dari berbagai pangkalan SD/MI di Kecamatan Warungpring. Terdiri dari 12 orang anggota siaga putra dan 22 orang anggota siaga putri. Acara pelantikan tersebut dilaksanakan di gedung pendopo Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang. Dihadiri oleh pengurus gerakan pramuka di tingkat Kwarcab Pemalang dan Kwarran Warungpring.

Foto bersama para Pramuka Garuda dari pangkalan lain | Sumber : Dokumentasi Humas.

“Anak saya Bilqis memang senang dengan kegiatan yang seru dan menantang. Dia agaknya suka dengan pramuka karena pramuka mengasyikkan baginya. Alhamdulillah ternyata mengikuti seleksi pramuka siaga garuda dan lolos. Tentu saya sebagai orangtuanya senang dan bangga. Semoga Bilqis lebih giat lagi dalam mengikuti berbagai kegiatan di sekolah. Dan bisa mengharumkan nama SDN 02 Pakembaran”. Ungkap Uripah ibunda dari Bilqis Assifatun Azzahra.

Hal senada juga terungkap dari Siti Nur Azizah ibunda dari Muhamad Zidan Arizki. ”Kesan saya sebagai orang tua pastinya bangga sekali anak saya Muhamad Zidan Arizki bisa mewakili SDN 02 Pakembaran dalam acara pramuka garuda dan menjadi pengalaman tersendiri buat anak saya. Pesan dan harapan saya semoga SDN 02 Pakembaran semakin maju dan sukses selalu. Terimakasih buat bapak/ibu guru yang sudah membimbing anak saya Rizki. Mohon maaf buat bapak/ibu guru tidak bisa membalas apa-apa selain ucapan terimakasih dan doa semoga sehat selalu. Amin Ya Robbal Alamin”.

“Alhamdulillah 2 orang anggota pramuka SDN 02 Pakembaran dilantik menjadi Pramuka garuda. Semoga dapat menjadi teladan yang baik dan terus mengamalkan ilmunya agar bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya”. Imbuh Siti Fatimah, S.Pd.SD menutup obrolan singkat dengan kami divisi humas SDN 02 Pakembaran.

Tetap semangat. Maju terus SDN 02 Pakembaran. Jangan lelah untuk terus mengukir prestasi. Salam Pramuka!!!

Penulis : Priyasa Hevi Etikawan / Divisi Humas SDN 02 Pakembaran.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image