Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Meojs

Cara Mengatasi 'Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti' di Android

Teknologi | Saturday, 22 Jan 2022, 20:31 WIB

Apakah Anda pernah dihadapkan dengan trouble smartphone 'Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti' di hp Android? Disini Anda akan menemukan solusinya. Silahkan disimak beberapa cara untuk mengatasi 'Unfortunately Apps Has Stopped'.

Sebelumnya, perlu dicari tahu penyebab munculnya pesan Sayangnya aplikasi telah berhenti di Android, dan beberapa diantaranya adalah karena RAM penuh, cache menumpuk, dan bisa juga karena aplikasi tidak kompatibel.

Cara Mengatasi 'Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti' di Android

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk mengatasi 'Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti' di Android yang muncul saat Anda membuka sebuah aplikasi di hp Android Anda.

1. Hapus Cache Aplikasi

Sayangnya aplikasi telah berhenti di Android bisa jadi disebabkan oleh cache dan data yang error pada aplikasi tersebut. Anda bisa mengatur manajemen aplikasi dengan menghapus cache dan data aplikasi di smartphone Android Anda.

Caranya, silahkan dibuka menu Settings > App & notifications > Pilih Aplikasi > Storage > Clear Cache atau Clear Data untuk menghapus salah satu atau keduanya.

Selain menggunakan cara manual, Anda bisa juga menggunakan aplikasi pembersih Android seperti CCleaner untuk membersihkan seluruh aplikasi secara sekaligus.

2. Restart Smartphone Anda

Penyebab error pada aplikasi Android yang terhenti saat Anda gunakan dapat disebabkan beberapa hal. Mulai dari aplikasi hingga sinyal internet yang tidak stabil Anda gunakan. Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan restart Android.

Dengan cara tersebut, smartphone Android tentu akan dinyalakan kembali dengan kondisi fresh seperti keadaan semula. Jika Anda masih belum yakin, Anda tinggal menonaktifkan smartphone selama beberapa menit sebelum dinyalakan kembali.

Masalah aplikasi berhenti Android belum terselesaikan, silahkan Anda cek cara selanjutnya dibawah ini.

3. Lakukan Update

Update aplikasi Android bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan aplikasi Android yang telah berhenti saat Anda mencoba membukanya. Pembaruan aplikasi selain mengatasi aplikasi error atau corrupt, juga bisa menghilangkan beberapa bug yang bisa jadi akar permasalahan.

Tak hanya update aplikasi, Anda pun harus memperbarui sistem operasi Android yang digunakan menjadi yang lebih baru. Hal ini dikarenakan kebutuhan minimal aplikasi pasti meningkat dari waktu ke waktu.

Itulah tiga cara mudah untuk mengatasi masalah 'Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti' di hp Android. Pesan ini umumnya muncul pada smartphone yang sudah berusia dan banyak cache serta kapasitas RAM yang relatif kecil.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image