Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ihsan Ramdani

Manajemen Perusahaan

Ekonomi Syariah | Thursday, 25 Jul 2024, 22:42 WIB

Definisi Manajemen Perusahaan Secara umum, pengertian manajemen perusahaan adalah serangkaian unsur dalam perusahaan sebagai proses memimpin, mengarahkan dan mengadministrasikan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Dari definisinya tersebut kita dapat melihat bahwa manajemen adalah unsur penting yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan atau bisnis. Dalam sebuah perusahaan, manajemen merupakan komponen penting yang harus dimiliki perusahaan untuk mewujudkan visi dan misi yang ingin dicapai.Tanpa adanya pengelolaan yang baik atau struktur organisasi yang jelas, tujuan perusahaan akan sulit dicapai dan justru menimbulkan ketidakjelasan pekerjaan dan tanggung jawab setiap anggota atau timnya.

Wilson Bangun Menurut Wilson Bangun, manajemen perusahaan adalah serangkaian tindakan dan upaya anggota perusahaan untuk mencapai sasaran atau target bisnis yang dinaungi perusahaan tersebut dimana proses tersebut dicapai melalui aktivitas yang sistematis.

Fungsi Manajemen PerusahaanSeberapa penting manajemen di dalam sebuah perusahaan? Dari penjelasan definisinya di atas, kita dapat memahami bahwa manajemen perusahaan dalam sebuh perusahaan atau organisasi memiliki beberapa fungsi penting, yaitu:

1.Memimpin (Leading)Seorang manajer perusahaan bertindak sebagai pemimpin agar tujuan perusahaan dapat tercapai.

2.Merencanakan (Planning)Manajemen di dalam perusahaan berfungsi sebagai perencana kegiatan dan aktivitas seperti apa yang akan dilakukan anggota perusahaan.

a.Menentukan jenis kegiatan.

b.Menetapkan waktu pelaksanaan kegiatan.

c.Membuat target atau sasaran dari setiap kegiatan.

d.Mengatur jadwal (scheduling)

e.Mengendalikan biaya agar tidak over budget.

f.Membuat standar operasional prosedur dari setiap kegiatan.

Fungsi ini sangat penting karena tanpa adanya manajemen yang baik, perusahaan akan sulit bergerak sesuai dengan tujuannya.

3.Menyusun (Organizing)Company management dapat berperan sebagai pengatur dan penghubung antar divisi pekerjaan sehingga pelaksanaan setiap tanggungjawab lebih efisien dan efektif, seperti:
a.Membuat desain struktur organisasi

b.Menentukan job description c.Mendelegasikan tanggung jawab

d.Menetapkan hubungan-hubungan yang e.membedakan antara atasan dan stafff.

Mendeskripsikan setiap yang hal yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya manusia.

4. Pengawasan (Controlling)Setiap kegiatan dan tanggung jawab masing-masing divisi di dalam perusahaan perlu dilakukan pengawasan guna pengendalian jika sewaktu-waktu terjadi penyimpangan dari suatu divisi. Manajer perusahaan berkewajiban untuk mengarahkan, memberi saran dan menentukan keputusan seperti apa yang harus diambil jika terjadi penyimpangan. Kegiatan pengawasan, pengendalian dan pengamatan meliputi:
Perkembangan pekerjaan. Pengukuran hasil Pekerjaan Melakukan tindakan koreksi dan perbaikan terhadap kesalahan.

IHSAN RAMDANI.

STISNU CIANJUR.

HUKUM EKONOMI SYARIAH.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image