Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Berbagai Macam Teknologi Pangan untuk Produk Bakeri

Eduaksi | Tuesday, 23 Jul 2024, 11:32 WIB
Mahasiswa Prodi Teknologi Pangan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) lakukan kuliah praktik di Sriboga Customer Centre Yogyakarta (Dok. Istimewa)

Program Studi (Prodi) Teknologi Pangan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memiliki Teknologi Bakeri sebagai mata kuliah pilihan yang ditawarkan bagi mahasiswa semester 6. Mata kuliah ini membahas berbagai macam teknologi pangan yang dikhususkan pada produk bakeri. Beberapa Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) yang diharapkan di antaranya mahasiswa mampu membandingkan bahan-bahan yang digunakan dalam teknologi bakeri, mampu menghubungkan proses produksi produk bakeri, mampu mengarakterisasi jenis-jenis produk bakeri, dan mampu menganalisis ragam produk bakeri mancanegara.

Guna mencapai hal tersebut, tim pengampu mata kuliah Teknologi Bakeri yang terdiri atas Dr. Aprilia Fitriani, S.T.P., M.Sc. dan Safinta Nurindra Rahmadhia, S.Si., M.Sc. menyelenggarakan praktik untuk mengimplementasikan teori yang telah diberikan di kelas. Kegiatan ini bertujuan untuk mematangkan pengetahuan mahasiswa agar dapat mengaitkan proses-proses scientific yang terjadi selama proses produksi bread dan cake melalui praktik secara langsung pembuatannya.

Acara menarik ini bekerja sama dengan Sriboga Customer Centre (SCC) Yogyakarta yang terletak di Jl. Imogiri Timur No.117, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Praktik pembuatan bread dan cake dipandu secara langsung oleh Chef Bangun, praktisi yang memiliki keahlian di bidang bread dan cake.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 27 dan 31 Mei 2024 pukul 08.30 hingga 16.30 WIB tersebut mengusung tema Basic Bread and Cake. Agendanya yakni membuat roti tawar, roti manis, chiffon cake, dan roll cake. Mahasiswa yang berjumlah 12 hingga 14 orang dalam setiap kelas, dibagi menjadi 4 kelompok, sehingga setiap mahasiswa berkesempatan untuk praktik langsung dalam pengolahan adonan hingga pengemasan produk. Mereka juga berkesempatan untuk menyaksikan proses pembuatan mi telur di sela-sela praktik.

Respons yang sangat baik diberikan oleh mahasiswa dan dari pihak SCC Yogyakarta. Mahasiswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari praktisi yang ahli di bidangnya dan dapat mengaitkan secara langsung materi perkuliahan dengan teknis produksi beberapa produk bakeri. Selain itu, mereka juga berkesempatan menggunakan peralatan-peralatan khusus dalam produksi produk bakeri.

Pihak SCC Yogyakarta sangat terbuka dengan kegiatan ini karena juga selaras dengan keberadaan SCC Yogyakarta untuk peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi di lingkungan akademik. Melalui acara tersebut, harapannya bisa menjadi landasan kerja sama yang kontinu antara Prodi Teknologi Pangan UAD dengan SCC Yogyakarta. (doc)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image