Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Trimanto B. Ngaderi

Belajar Budaya Negara Lain Melalui Tour Aksara FIM 2024

Jalan Jalan | Tuesday, 02 Jul 2024, 14:15 WIB

BELAJAR BUDAYA NEGARA LAIN MELALUI TOUR AKSARA FIM 2024

Pada tanggal 26-30 Juni 2024, Forum Indonesia Menulis (FIM) mengadakan acara Tour Aksara 2024 ke tiga negara di Asia Tenggara, yaitu Malaysia, Singapura, dan Thailand. Diikuti oleh 330 peserta dari seluruh Indonesia, terutama dari kalangan pendidik, pelajar/mahasiswa, pegiat literasi, dan masyarakat umum.

Sesuai dengan namanya Tour Aksara, acara ini merupakan kegiatan literasi yang dipadu dengan wisata. Bisa juga disebut dengan wisata literasi atau literawisata. Adapun tujuannya adalah menambah pengetahuan dan wawasan literasi melalui kegiatan wisata, terutama literasi sains dan literasi budaya.

Di tiga negara ini peserta akan melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mereka, yang meliputi kemajuan pembangunan gedung-gedung perkotaan, prasarana dan sarana transportasi, sistem pelayanan publik, pemanfaatan teknologi digital, dan lain-lain. Termasuk melakukan kunjungan ke lembaga pendidikan, museum, tempat bersejarah, dan obyek wisata yang telah memanfaatkan teknologi mutakhir.

Sedangkan literasi budaya, peserta diajak untuk mengamati aktivitas manusia, kebiasaan dan adat-istiadat, bahasa, cara berkomunikasi, karakter spesifik yang dimiliki, kuliner tradisional, kerajinan dan souvenir, dan sebagainya. Termasuk di dalamnya pengamatan terhadap perihal kedisiplinan, kepatuhan terhadap peraturan, integritas, dan religiusitas.

Tour Aksara memiliki acara inti yaitu Anugerah Literasi Internasional dalam berbagai kategori. Anugerah ini diberikan kepada insan yang memiliki prestasi di bidang gerakan literasi di lingkungan sekolah maupun masyarakat luas. Sebelumnya, diadakan pula seminar motivasi dengan pembicara artis Dik Doang.

Dok. Pribadi_Menara Petronas_Trimanto B. Ngaderi

Destinasi yang Dikunjungi

Di Malaysia, peserta diajak untuk mengunjungi:

1. Kota Tua Malaka;

2. Menara Kembar Petronas;

3. Ibukota Administratif Putrajaya;

4. Batu Cave; dan

5. Tanah Genting.

Di Singapura, peserta diajak untuk mengunjungi:

1. Galeri Nasional Singapura;

2. Merlion Park;

3. Studio Universal; dan

4. Jewel Changi Airport.

Di Thailand, peserta diajak untuk mengunjungi:’

1. Pantai Samila;

2. Chang Puak Camp;

3. Masjid Raya Songkhla;

4. Floating Market; dan

5. Big Bee Farm.

Harapannya, setelah mengikuti acara ini para peserta dapat menuangkan pengalamannya melalui tulisan, baik berupa buku, artikel di blog atau website, maupun diposting di berbagai platform media sosial. Menularkan semangat gerakan literasi sekaligus bisa menginspirasi orang lain untuk bergerak dan berkarya.

Saya pribadi sebagai peserta sangat mengapresiasi kegiatan ini. Saya berharap acara seperti ini dapat diadakan rutin setiap tahun. Tidak hanya di tiga negara tersebut, tapi bisa meluas ke negara-negara ASEAN lainnya. Misalnya ke tiga negara Malaysia, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Terima kasih kepada Forum Indonesia Menulis (FIM).

Salam Tour Aksara

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image