Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Agar Mudik Aman dan Nyaman, Perhatikan Faktor Ini

Jalan Jalan | Sunday, 07 Apr 2024, 14:41 WIB
Kendaraan pemudik saat memasuki gerbang Tol Cikampek. Foto: Prayogi/Republika via republika.co.id.

MUDIK Lebaran telah tiba. Untuk tahun ini, diperkirakan sekitar 193 juta warga negeri ini melakukan mudik. Beragam moda transportasi digunakan. Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga pesawat udara.

Jalur atau rute-rute tertentu dipastikan menjadi lebih padat disesaki kendaraan pemudik. Agar perjalanan mudik aman, nyaman dan lancar, begitu juga kepulangannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja?

Pertama, kendaraan. Apa pun jenis kendaraannya, pastikan dalam kondisi prima. Periksa tekanan ban, kondisi cairan peluman, rem, lampu dan komponen-komponen lainnya.

Kedua, saluran komunikasi. Pastikan pula perangkat komunikasi yang hendak dibawa. Termasuk menyiapkan nomor-nomor penting untuk dihubungi, kalau-kalau ada hak mendesak saat sedang dalam perjalanan.

Ketiga, rencanakan rute sebaik mungkin. Termasuk rute cadangan. Dalam memilih rute ini, pertimbangkan faktor-faktor seperti kondisi jalan, tempat istirahat, pom bensin, dan juga potensi kemacetan.

Keempat, istirahat. Anda tak mungkin terus menerus berkendara. Apalagi sambil masih menjalankan shaum. Maka, jadwalkan istirahat reguler untuk menghindari kelelahan mengemudi. Bila mungkin, lakukan pergantian pengemudi untuk menghindari kelelahan selama menuju tempat mudik.

Kelima, jaga kecepatan dan jarak. Selalu pertahankan kecepatan yang aman dan jarak yang tepat antar-kendaraan. Sesuaikan kecepatan secara memadai, terutama saat menyatu dengan pemudik lainnya, pindah jalur, atau ketika menavigasi ruang yang sempit.

Keenam, kondisi cuaca. Pantau kondisi prakiraan cuaca sepanjang perjalanan dan senantiasa siap dengan kondisi cuaca terburuk.

Ketujuh, perlengkapan darurat. Siapkan kit darurat di dalam kendaraan dengan perlengkapan penting seperti perlatan P3K, air, makanan ringan, senter, selimut, dan alat-alat untuk perbaikan kendaraan.

Kedelapan, patuhi selalu aturan lalu-lintas. Ini termasuk batas kecepatan, lampu lalu lintas dan marka-marka jalan.

Kesembilan, sabar dan sopan. Bersabarlah dan selalu sopan terhadap pengendara lain. Utamanya saat harus antre atau dalam kondisi kemacetan lalu linta. Hindari perilaku mengemudi yang agresif dan ugal-ugalan yang bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Akhirnya, selamat mudik dan selamat sampai tujuan.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image