Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hani Zakiyatul Wafda

Program Pembiayaan Ziswaf untuk Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

Ekonomi Syariah | Thursday, 11 Apr 2024, 11:44 WIB

program pembiayaan pembangunan di Indonesia berupa ziswaf yaitu zakat,infaq,shodaqoh dan waqaf yang merupakan bagian dari hibah dengan tujuan untuk meningkatkan pembangunan ekonomi di Indonesia melalui pelaksanaan pembangunan infrastruktur yang konkrit dan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat lokal. Pembangunan infrastruktur di Indonesia sangat penting karena negara ini memiliki jumlah penduduk yang cukup besar dan perkembangan ekonomi yang belum mencapai tingkat tertinggi. Dengan adanya infrastruktur yang baik, seperti jalan, jembatan, dan fasilitas publik, masyarakat akan lebih mudah berpikir strategis dan mengembangkan usaha dengan dipermudahnya pengangkutan dan akses-akses ke seluruh indonesia. Program pembiayaan ziswaf merupakan alternatif yang baik untuk mendorong pembangunan infrastruktur di Indonesia, Karena ziswaf merupakan hibah yang diberikan kepada masyarakat yang dapat digunakan untuk kepentingan umum. Dengan menggunakan ziswaf, pemerintah dan masyarakat dapat mendorong pembangunan infrastruktur yang lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup komunitas mereka. Sistem pembiayaan ziswaf di Indonesia memiliki beberapa keunggulan yaitu Pertama, ziswaf adalah istilah yang merujuk pada zakat,infaq,shodaqoh,dan wakaf yang merupakan praktik memberikan donasi atau sumbangan dalam islam, yang berarti ia tidak mengandung biaya angsuran, Kedua ziswaf dapat digunakan untuk kepentingan umum, sehingga dapat digunakan untuk pengembangan infrastruktur, Ketiga ziswaf memiliki tujuan untuk mengumpulkan zakat,infaq,shodaqoh dan waqaf yang telah diorganisir oleh lembaga sosial. Namun, agar ziswaf dapat digunakan untuk mendorong pembangunan dan pengembangan infrastruktur, Indonesia memerlukan pengembangan sistem pembiayaan ziswaf yang efisien, mudah dipahami dan sistem pembiayaan yang transparan oleh pemerintah dan lembaga keuangan. Selain itu, pemerintah dan masyarakat juga harus memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan dalam pengembangan infrastruktur. Infrastruktur yang tidak aman atau tidak memenuhi standar kesehatan akan membawa dampak negatif bagi masyarakat Indonesia.

Program Pembiayaan ziswaf untuk membangun Infrastruktur di Indonesia merupakan program penting untuk mendorong pembangunan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.Dengan menggunakan ziswaf, pemerintah dan masyarakat dapat mempercepat pembangunan infrastruktur yang lebih baik dan membangun negara-negara yang lebih maju dan produktif.

Hani Zakiyatul Wafda Departemen Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya [email protected]

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image