Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khairani Rusmanna

Dampak Negatif Jika Warga Negara Tidak Memiliki Kesadaran Membayar Pajak

Edukasi | Tuesday, 09 Apr 2024, 01:59 WIB
Sumber : Google

Pajak merupakan iuran wajib yang dikeluarkan oleh masyarakat untuk pembangunan fasilitas negara, yang manfaatnya dirasakan secara tidak langsung. Hal ini merupakan salah satu pengetahuan dasar pajak yang perlu diketahui oleh masyarakat.

Kontribusi pajak sangat bermanfaat dalam pembiayaan pembangunan dan belanja negara untuk menyediakan dan memperbaiki berbagai layanan publik bagi masyarakat umum seperti fasilitas kesehatan, pendidikan, subsidi, dana desa, maupun pariwisata. Sehingga jika masyarakat enggan membayar pajak, maka layanan publik maupun pembangunan di Indonesia seperti infrastruktur, pertahanan, keamanan, dan struktural ekonomi negara tidak akan berjalan dengan baik. Pajak ditujukan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, maka dari itu masyarakat akan merugi jika enggan membayar pajak karena tidak dapat menikmati fasilitas umum yang lebih baik.


Jika masyarakat tidak ada yang membayar pajak, otomatis hal tersebut akan berdampak pada kurangnya pasokan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) baik itu anggaran belanja untuk pemerintah pusat maupun daerah. Berkurangnya pasokan APBN tersebut akan menyebabkan tingginya defisit anggaran yang dipakai untuk memenuhi fasilitas pembangunan negara dan berakibat pada kekacauan struktural perekonomian yang disebabkan oleh menumpuknya pendanaan melalui utang negara.


Jika seseorang tidak ingin membayar pajak maka sejatinya tidak hanya akan merugikan negara, tetapi juga merugikan diri sendiri dengan harus menanggung kemungkinan dipidana dan membayar administrasi, dikarenakan pajak merupakan kontribusi wajib yang telah diatur dalam undang-undang, yang bersifat memaksa. Sehingga, suka maupun tidak, bila tidak ingin berurusan dengan hukum, maka seseorang harus membayar pajak.


Dan ada pun boikot pajak. Boikot pajak dapat memberikan dampak buruk bagi negara. Dengan menurunkan pendapatan pajak, pemerintah dapat mengurangi dana yang tersedia untuk program-program sosial, infrastruktur, dan pembangunan ekonomi. Selain itu, jika banyak orang yang memilih untuk tidak membayar pajak, maka hanya sedikit yang akan berkontribusi untuk membiayai layanan publik.
Tidak membayar pajak dapat berdampak besar pada keuangan pribadi seseorang. Selain itu, ada konsekuensi hukum yang serius jika seseorang memilih untuk tidak membayar pajak. Ini termasuk sanksi administratif, denda, dan bahkan tuntutan pidana yang telah diatur dalam undang-undang.


Meskipun membayar pajak mungkin terasa tidak menyenangkan, pajak juga memiliki manfaat bagi kita semua. Pajak membantu membiayai program-program sosial, layanan kesehatan dan infrastruktur yang kita nikmati setiap hari. Selain itu, pajak yang dibayarkan juga dapat dikurangkan dari penghasilan kena pajak, sehingga mengurangi jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image