Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Danu Pratama

Khasiat Yang Ada Pada Kangkung untuk Kesehatan

Info Terkini | Friday, 22 Mar 2024, 11:10 WIB

Kelebihan dan kekurangan kangkung bagi kesehatan sudah seharusnya diketahui semua orang. Di Indonesia, sayuran yang dikenal dengan nama kangkung (Ipomoea aquatica Forsk) ini sangat populer. Kale bergizi dan lezat pada saat bersamaan.

Alasannya karena kangkung mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting yang tidak boleh dilewatkan. dari serat, vitamin A, vitamin C, antioksidan, zat besi, kalsium, dan fosfor hingga vitamin A dan vitamin C. Seperti sayuran berdaun hijau lainnya, kangkung memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, ada beberapa efek negatif yang dimiliki kangkung bagi tubuh.in C,

Namun, mengonsumsi kangkung sebenarnya tidak menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan selama Anda mencucinya hingga bersih, mengolahnya dengan benar, memasaknya dengan benar, dan tidak memiliki riwayat penyakit tertentu yang menghalangi Anda untuk memakannya.

Lalu, apa saja manfaat dan kekurangan kangkung bagi tubuh? Selesaikan ulasannya.

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kangkung juga meningkatkan kesehatan mata dalam beberapa cara. Ini karena antioksidan lutein dan zeaxanthin membantu penglihatan yang jelas. Sejumlah penelitian, seperti yang dilaporkan oleh Healthline, menunjukkan bahwa senyawa kangkung membantu pencegahan degenerasi makula terkait usia, suatu kondisi umum yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan secara progresif.

2. Mengurangi Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat kangkung untuk kesehatan tidak kalah pentingnya, salah satunya adalah kemampuannya untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Ini karena kangkung memiliki sifat antikanker yang secara aktif menghentikan pertumbuhan sel kanker.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Mengonsumsi kangkung juga dapat membantu mengembalikan tekanan darah menjadi normal. Alasannya adalah kangkung mengandung nitrat alami, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

4. Mengatasi Penyakit Kuning

Konsumsi Kangkung dapat membantu individu dalam menghindari kembung. Dalam Ayurveda, kangkung dapat digunakan untuk mengobati penyakit hati dan penyakit kuning. Manfaat kesehatan Kale dapat melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh berbagai bahan kimia dengan memodulasi enzim detoksifikasi, antioksidan, dan sifat pemicu radikal bebas.

5. Dapat Mencegah Dari Dehidrasi

Kandungan mineral Kale yang tinggi dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ini karena kangkung mengandung natrium dan kalium, yang dapat membantu tubuh menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan dalam jumlah yang tepat. Kale dapat digunakan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sebagai hasilnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image